Seks Bikin Kulit Glowing, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 29 September 2023
0 dilihat
Seks Bikin Kulit Glowing, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya
Orgasme adalah satu dari hal tersehat yang bisa diberikan pada diri setiap hari. Bercinta sekaligus orgasme membuat kulit glowing. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Bercinta akan meningkatkan sirkulasi darah dimana oksigen akan dipompa ke kulit dan membuat kulit lebih bersinar "

KENDARI, TELISIK.ID – Berbagai rumor dan mitos tentang hubungan seks banyak bertebaran, salah satunya adalah seks dipercaya dapat membuat kulit lebih glowing. Lantas apakah hal tersebut fakta atau sekedar mitos?

Gloria G. Bramer, seksolog klinis di Georgia, justru berpendapat 'an orgasm a day keeps the doctor away'.

"Sebuah orgasme adalah satu dari hal tersehat yang bisa diberikan pada diri setiap hari," kata Bramer, dikutip dari Cosmopolitan.

Bercinta sekaligus orgasme membuat kulit glowing. Berikut beberapa alasannya dilansir dari Cnnindonesia.com dan Idntimes.com.

1. Sirkulasi darah meningkat

Sebenarnya tak hanya wajah, tapi seluruh kulit akan lebih glowing. Bramer berkata, bercinta akan meningkatkan sirkulasi darah dimana oksigen akan dipompa ke kulit dan membuat kulit lebih bersinar.

Baca Juga: Seks Bisa Bikin Panjang Umur, Ini 7 Alasannya

Selain itu, aliran darah yang baik berarti eliminasi racun yang baik pula. Tanpa disadari, bibir Anda juga terlihat lebih 'penuh'.

2. Efek menenangkan

Setelah orgasme, Anda tentu merasakan efek tenang dan stres menurun. Orgasme melepas hormon oksitosin. Melansir dari Healthline, riset menemukan hubungan tingkat oksitosin yang rendah dengan tingkat stres yang tinggi, ketegangan dan gangguan kecemasan. Saat stres, organ yang terdampak cukup parah adalah kulit.

3. Menginduksi tidur

Kurang tidur berkorelasi kuat dengan masalah kulit. Bukan tanpa alasan dokter selalu menyarankan Anda untuk tidur setidaknya 7-8 jam per hari. Mencapai klimaks berarti tidur lebih cepat dan nyenyak. Tidur panjang juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan peradangan.

Baca Juga: Terlalu Sering Berhubungan Seks, Ini Dampaknya pada Tubuh

4. Hormon estrogen

Orgasme mampu meningkatkan produksi hormon estrogen. Hal ini bagus karena estrogen mampu mencegah penuaan kulit. Estrogen mencegah penurunan kolagen yakni protein penting untuk menjaga penampilan kulit awet muda, jauh dari kerutan dan tetap kenyal.

5. Senyum sepanjang hari

Lebih sering bercinta rupanya bisa memupuk perasaan bahagia. Anda lebih segar, bebas stres dan lebih glowing. Tanpa sadar, Anda sering menebar senyum sejak pagi. Studi pada 2016 mencatat, ketika orang tersenyum, mereka sebenarnya dianggap terlihat lebih muda. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga