Seks Bisa Bikin Panjang Umur, Ini 7 Alasannya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 28 September 2023
0 dilihat
Seks Bisa Bikin Panjang Umur, Ini 7 Alasannya
Berdasarkan beberapa penelitian, hubungan seks bisa membuat orang lebih sehat dan bahagia. Karena itu, hubungan suami istri secara rutin sering disebut bisa membuat umur panjang. Foto: Repro Kompas.com

" Aktivitas seksual dapat membuat pasangan menjadi lebih sehat dan bahagia, oleh karena itu bercinta dipercaya dapat membuat kita panjang umur "

KENDARI, TELISIK.ID – Seks punya banyak manfaat bagi kesehatan. Penelitian mengatakan, aktivitas seksual dapat membuat pasangan menjadi lebih sehat dan bahagia, oleh karena itu bercinta dipercaya dapat membuat kita panjang umur.

Dilansir dari Kompas.com dan Kesehatan.kontan.co.id, berikut tujuh alasan hubungan seksual bisa membuat seseorang berumur panjang:

1. Mencegah pilek dan flu

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Wilkes University, orang yang berhubungan seks beberapa kali seminggu cenderung memiliki jumlah antibodi imunoglobulin A (IgA) yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang berhubungan seks kurang dari sekali dalam seminggu. Orang dengan antibodi imunoglobulin A yang lebih tinggi umumnya punya tubuh sehat dan tidak mudah terserang flu.

2. Membakar kalori

Hubungan seksual diklaim dapat menjadi olahraga yang lebih menyenangkan, ketimbang lari. Pasalnya, selain meningkatkan aliran darah dan memompa jantung, seks juga bisa membakar kalori. Manfaat seks dalam membakar kalori bisa membantu seseorang dalam menurunkan atau mengontrol berat badan.

Baca Juga: Jangan Malu Menatap Pasangan, Ini 5 Manfaat Kontak Mata saat Berhubungan Seks

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hubungan seks yang aktif antar pasangan berkaitan dengan peluang hidup yang lebih lama. Hal ini karena seks dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

4. Mengatur kadar hormon

Hubungan seks dapat mengatur kadar hormon, terutama pada wanita. Hal ini lantas bisa melancarkan menstruasi hingga mengurangi masalah medis saat menopause

5. Meringankan sakit kepala dan nyeri fisik

Saat berhubungan seks, hormon oksitosin dilepaskan tubuh Anda. Hormon tersebut berguna untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Baca Juga: Terlalu Sering Berhubungan Seks, Ini Dampaknya pada Tubuh

6. Seks mengurangi risiko kanker prostat

Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang sering mengalami ejakulasi di usia 20-50 tahun, mengalami penurunan risiko kanker prostat. Menurut National Cancer Institute, pria yang mengalami ejakulasi setidaknya lima kali seminggu, baik melalui hubungan seks atau masturbasi, memiliki risiko lebih kecil terkena kanker prostat.

7. Meningkatkan mood

Banyak manfaat psikologis dari kehidupan seks yang sehat, seperti meningkatkan mood hingga menambah kepercayaan diri. Hubungan intim juga bisa menurunkan risiko alexithymua atau masalah kepribadian yang membuat orang tidak mampu mengekspresikan emosi.

Meski secara umum seks itu menyehatkan, Anda tidak dianjurkan untuk berhubungan seks setiap hari karena bisa menyebabkan kecanduan atau ketergantungan, kelelahan, hingga menghambat aktivitas sehari-hari. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga