Selain Jeruk, Ternyata 5 Buah Ini Juga Mengandung Vitamin C

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 02 Januari 2022
0 dilihat
Selain Jeruk, Ternyata 5 Buah Ini Juga Mengandung Vitamin C
Buah-buahan yang kaya vitamin C. Foto: Repro iStockphoto

" Vitamin C memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita membutuhkan berbagai asupan vitamin. Salah satunya adalah vitamin C. Vitamin jenis ini jadi salah satu yang berperan besar dalam membentuk daya tahan tubuh.

Mengutip alodokter.com, vitamin C atau asam askorbat (ascorbic acid) adalah vitamin yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan terjadinya penyakit skorbut atau scurvy.

Selain itu, vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Vitamin C berperan penting dalam berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh, termasuk menjaga dan mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh, pembentukan kolagen, protein, neurotransmiter, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Tak heran jika buah dengan kandungan vitamin C banyak dicari oleh masyarakat. Tidak hanya dikonsumsi sebagai selingan, tapi seringkali juga menjadi stok wajib di kulkas untuk dikonsumsi keluarga di rumah.

Pada umumnya, masyarakat sudah familiar dengan buah jeruk yang mengandung vitamin C. Bagaimana tidak, pada penelitiannya, buah jeruk memang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Namun selain itu, ternyata ada banyak buah lain yang kandungan vitamin C-nya tidak kalah.

Baca Juga: Ingin Cegah Penuaan Dini? Yuk, Konsumsi 5 Makanan Ini

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa buah yang mengandung vitamin C, selain jeruk:

1. Kiwi

Kiwi memiliki warna hijau dan tekstur berair yang segar. Kandungan vitamin C-nya juga cukup besar, sekitar 64 miligram dalam satu buah kiwi berukuran sedang. Nutrisi lain yang ada dalam buah kiwi diantaranya vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan berbagai jenis mineral.

2. Jambu Biji

Jarang yang tahu bahwa sebenarnya kandungan vitamin C terbesar ada di buah jambu biji. Ya, kandungan vItamin C yang ada di buah ini jauh lebih besar daripada yang ada pada jeruk, sehingga konsumsi rutin buah jambu biji bisa jadi opsi menarik untuk Anda semua.

3. Blackcurrant 

Lebih umum dikenal sebagai salah satu rasa minuman, buah ini sejatinya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Pada ukuran ideal, secangkir blackcurrant memiliki kandungan sekitar 101 miligram vitamin C.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari, Salah Satunya Cerahkan Kulit

Selain itu, blackcurrant juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa memperkuat imun tubuh.

4. Nanas

Rasanya asam, manis, dan juga segar, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang besar. Anda yang bosan dengan jeruk bisa mencoba nanas sebagai alternatif asupan harian vitamin C untuk tubuh Anda.

Selain itu ada juga enzim pencernaan yang bisa memecah protein, sehingga membantu tubuh menghindari peradangan yang mungkin terjadi.

5. Mangga

Buah mangga bisa ditemukan di segala musim, meski akan sangat manis ketika datang musim mangga. Kandungannya sekitar 60 miligram, atau setara dengan 66% kebutuhan harian tubuh orang dewasa. 

Selain vitamin C, mangga juga memiliki kandungan serat dan antioksidan. Hal ini membuat konsumsi mangga sangat disarankan guna menjaga kesehatan organ pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh secara umum. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga