Seleksi CPNS dan PPPK Kemenkumham 2023 Sudah Dibuka, Lapor Jika Ada Pungli

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
Seleksi CPNS dan PPPK Kemenkumham 2023 Sudah Dibuka, Lapor Jika Ada Pungli
Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol (P) Andap Budhi Revianto, menghimbau peserta seleksi untuk melaporkan jika ada pungli. Foto: Ist.

" Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), telah membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2023, mulai Rabu, 20 September hingga 9 Oktober mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), telah membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2023, mulai Rabu, 20 September hingga 9 Oktober mendatang.

Dalam pengumuman itu, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol (P) Andap Budhi Revianto, menekankan pentingnya integritas dalam proses seleksi ini, dengan imbauan tegas untuk melaporkan jika ada tindakan pungli atau penyalahgunaan kekuasaan.

Formasi yang tersedia untuk CPNS terdiri dari penjaga tahanan dan dosen dengan jenjang asisten ahli. Penjaga tahanan akan mendapatkan 1.000 kuota, dengan rincian beragam yang mencakup formasi pria umum, wanita umum, serta formasi khusus untuk Papua dan Papua Barat. Sedangkan untuk jabatan dosen, Kemenkumham membuka 15 kuota dengan berbagai bidang keilmuan.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Siapkan Seleksi CASN 2023, Berikut Formasinya

"Kemenkumham membutuhkan total 1.000 penjaga tahanan dengan pendidikan minimal SLTA sederajat, yang akan ditempatkan di 33 Kantor Wilayah Kemenkumham. Kemudian total 15 dosen dari berbagai bidang keilmuan yang akan ditempatkan di unit pusat," jelas Andap, Rabu (20/9/2023).

Rapat persiapan seleksi CASN T.A. 2023 di Aula Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Sementara itu, kuota PPPK mencapai 1.563, terbagi dalam formasi khusus, umum dan disabilitas. Formasi khusus diberikan kepada tenaga non-ASN yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun di Kemenkumham. Ada 22 jabatan yang tersedia, mulai dari analis hukum hingga perawat.

Andap juga memberikan nasihat kepada calon peserta seleksi untuk teliti dalam memenuhi setiap persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan.

"Tolong perhatikan setiap persyaratan dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setiap jabatan memiliki kualifikasi yang berbeda. Kalau salah atau tidak sesuai, peserta sendiri yang akan rugi," tandasnya.

Peserta seleksi CPNS dan PPPK dapat mendaftar secara daring melalui situs resmi Kemenkumham. Mereka diharapkan hanya mendaftar di satu instansi dengan satu jenis jabatan. Setelah pendaftaran, peserta akan melakukan unggah dokumen persyaratan sesuai dengan formasi dan jabatan yang mereka pilih.

Andap menjelaskan, tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta. Bagi pelamar CPNS, rangkaian seleksi meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, Seleksi Kompetensi Bidang, integaris nilai, hingga kelulusan akhir. Sedangkan bagi PPPK, rangkaian seleksi mencakup seleksi administrasi, seleksi kompetensi, seleksi kompetensi teknis tambahan, sampai pengisian DRH Nomor Induk PPPK.

Para peserta, seluruh proses seleksi CPNS dan PPPK Kemenkumham tidak dipungut biaya. Peserta dapat memantau informasi seleksi Kemenkumham pada situs https://casn.kemenkumham.go.id. Jika ditemui adanya kecurangan, peserta dapat mengajukan pengaduan pada nomor Whatsapp +62819 1805 5789 / +62812 8875 1988 disertai bukti pendukung.

Baca Juga: Implementasi Nilai Humanis, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sidak Lapas Kendari

Andap menegaskan, tidak ada jalur khusus dengan iming-iming atau imbalan tertentu. "Jangan sampai menjadi korban penipuan dengan modus menjanjikan bisa diterima. Jika ada dugaan penipuan, segera laporkan," tandas Andap.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silvester Sili Laba yang diwakili Plt Kepala Divisi Administrasi Ahmad Sahrun didampingi Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Rumah Tangga dan Tata Usaha, M Saeful Rizal, mengikuti rapat persiapan seleksi CASN T.A. 2023 di Aula Kanwil.

Kegiatan yang terpusat di Ruang Rapat Biro Kepegawaian lantai 3 gedung Sekretariat Jenderal, diikuti oleh panitia dan tim verifikasi CASN T.A 2023 Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara secara daring melalui zoom meeting. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga