Seluruh Wilayah Zona Hijau, Kendari Masuk Level 1

Sumarlin, telisik indonesia
Minggu, 10 Oktober 2021
0 dilihat
Seluruh Wilayah Zona Hijau, Kendari Masuk Level 1
Pemandangan Kota Kendari dari atas. Foto: Dok. Kementerian PUPR

" Pemerintah Kota Kendari masih menunggu Instruksi Mendagri terkait kebijakan yang akan diambil pemerintah, karena PPKM saat ini masih berlangsung hingga 18 Oktober 2021 "

KENDARI, TELISIK.ID - Sudah hampir sepekan terakhir, data Dinas Kesehatan Kota Kendari menunjukkan tidak ada lagi tambahan kasus baru positif COVID-19 yang menjangkiti warga.

Dengan kondisi itu, menyebabkan seluruh wilayah ibu kota Provinsi Sultra ini menjadi zona hijau. Hingga 10 Oktober 2021, tersisa 22 kasus positif di Kota Kendari.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terhitung tanggal 8 Oktober 2021 Kota Kendari sudah masuk level 1 Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat (PPKM).

Keputusan itu diambil berdasarkan asesmen situasi COVID-19 Kota Kendari berdasarkan enam kriteria yakni kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit dan kematian menunjukkan angka nol, hal serupa juga terjadi pada testing yang menunjukkan kategori memadai dengan positifity rate per minggu sebesar nol persen.

Sedangkan tracing dan treatment juga memadai dengan rasio kontak erat 3,25 dan ketersediaan tempat tidur (BOR) sebesar 3,74 persen.

Meskipun demikian, Pemerintah Kota Kendari meminta masyarakat tetap menjaga prokes dengan ketat.

"Saya sudah lapor sama pak wali kota, beliau meminta masyarakat tidak eforia dengan kondisi ini, tetap terapkan prokes," ungkap Kadis Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum, Minggu (10/10/2021).

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Kendari masih menunggu Instruksi Mendagri terkait kebijakan yang akan diambil pemerintah, karena PPKM saat ini masih berlangsung hingga 18 Oktober 2021.

Selain itu, Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kesehatan juga akan melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi termasuk untuk lansia.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengakui, masih ada tiga pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Kendari hari ini, namun diperkirakan sudah akan sembuh dan segera dipulangkan.

"Walaupun level kita sudah turun di level 1, tapi kita tetap terapkan protokol kesehatan, yang belum vaksin bisa segera vaksin sehingga herd immunity bisa kita wujudkan, " ungkapnya.

Hingga 9 Oktober 2021 dari target vaksin sebanyak 265.147, saat ini 59,7 persen diantara sudah melakukan vaksinasi.

Selain Kota Kendari, berikut daftar kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara berdasarkan tingkatan (level) PPKM hasil asesmen situasi COVID-19 yang dilakukan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Ali Mazi Harap Penghargaan Aspeksindo Jadi Pendorong Pengesahan RUU Daerah Kepulauan

Baca Juga: Satu Peserta SKD CPNS Kota Kendari Pecah Ketuban di Lokasi Tes

Level 3

1. Kota Baubau

Level 2

1. Kabupaten Konawe

2. Kabupaten Wakatobi

3. Kabupaten Kolaka Utara

4. Kabupaten Buton

5. Kabupaten Buton Selatan

6. Kabupaten Kolaka Timur

7. Kabupaten Konawe Selatan

Level 1

1. Kabupaten Kolaka

2. Kabupaten Muna

3. Kabupaten Konawe Utara

4. Kabupaten Konawe Kepulauan

5. Kabupaten Bombana

6. Kabupaten Buton Tengah

7. Kabupaten Buton Utara

8. Kabupaten Muna Barat

9. Kota Kendari. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga