adplus-dvertising

Semakin Canggih, Begini Kehebatan Teknologi Al pada Kamera Smartphone

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 22 Maret 2022
937 dilihat
Semakin Canggih, Begini Kehebatan Teknologi Al pada Kamera Smartphone
Ini Manfaat Hakiki AI untuk Kamera Smartphone. Foto: Repro okezone.com

" AI dapat otomatis memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar, seperti mengubah pengaturan speed, exposure, saturasi, kedalaman warna, dynamic range, white balance, hingga kontras gambar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, tentu berperan besar pula terhadap kecanggihan barang-barang seperti komputer dan smartphone.

Salah satu yang cukup menarik perhatian masyarakat adalah keberadaan teknologi artificial intelligence (AI) yang umumnya disematkan pada kamera smartphone.

Lantas, apa kegunaan AI di dalam kamera smartphone?


Mengutip dari kumparan.com, Dulu sebelum ada AI di kamera smartphone, mendapatkan hasil foto yang maksimal cukup sulit dilakukan. Dengan adanya AI, itu dapat memudahkan sebuah pekerjaan fotografi di smartphone. AI memiliki fungsi kognitif yang mirip dengan kemampuan otak manusia, seperti berpikir, mempelajari, dan menyelesaikan permasalahan.

Berkat AI yang dapat terus belajar, hal itu bisa meningkatkan kualitas hasil foto kamera smartphone secara lebih maksimal. Kehadiran AI di kamera juga dapat membuat segala pengaturan gambar berjalan secara otomatis.

Pengguna smartphone tidak tidak perlu lagi dipusingkan dengan pengaturan kamera secara manual. AI dapat otomatis memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar, seperti mengubah pengaturan speed, exposure, saturasi, kedalaman warna, dynamic range, white balance, hingga kontras gambar.

Kamera ponsel dengan AI dapat mendeteksi dan mengenali obyek foto dengan baik yang dinamakan Scene Optimizer. Fungsi tersebut akan meningkatkan kualitas foto.

Baca Juga: Punya Kamera Super Keren, Begini Cara Nyalakan Lampu Dual Orbit Light Oppo Reno 7 Z 5G

Selain itu, seperti di kutip dari kompas.com-oxfordreference.com, AI didefinisikan sebagai sistem komputer yang dapat mengerjakan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti mengenali suara dan wajah, serta menerjemahkan bahasa.

Sistem tersebut dibuat berdasarkan serangkaian pemrograman algoritma kompleks dan big data. Salah satu contoh pengaplikasian teknologi AI terdapat pada kamera smartphone.

Disamping itu juga, teknologi AI juga memungkinkan antarmuka kamera smartphone untuk mendeteksi obyek dan subyek dalam frame foto secara otomatis, baik pemandangan yang diambil secara landscape maupun diri sendiri dengan mode portrait dengan detail yang lebih tajam.

Bahkan, beberapa smartphone saat ini telah menghadirkan mode portrait AI yang mampu meningkatkan kualitas efek bokeh.

Sebagai informasi, kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yang berarti buram atau berkabut. Foto bokeh diartikan sebagai foto dengan latar belakang blur dan hanya fokus kepada salah satu subyek yang berada di depan lensa kamera.

Baca Juga: Siap Berkolaborasi dengan Game Free Fire, BTS Desain Kostum dan Emote

Menghasilkan foto bokeh bukan perkara yang mudah. Sebab, kualitas lensa kamera dan pengaturan manual saat menentukan hasil foto bokeh yang baik. Dengan kehadiran AI, foto bokeh dapat dihasilkan dengan mudah.

Tak hanya menghasilkan foto bokeh berkualitas, kamera smartphone berteknologi AI juga dapat memudahkan dalam ber-selfie. Pasalnya, teknologi ini umumnya telah dilengkapi fitur facial recognition yang mampu mengenali wajah seseorang dan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.

Salah satu produsen yang serius mengembangkan teknologi AI pada kamera smartphone adalah Oppo. Pada 2017, Oppo mulai menggunakan teknologi AI pada fitur Beauty Selfie. Saat itu, AI hanya disematkan untuk kamera depan.

Seiring perkembangan teknologi, Oppo mulai menyematkan fitur AI pada kamera belakang smartphone besutannya. Melalui lini Reno Series, teknologi AI pada kamera smartphone Oppo pun semakin berkembang. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga