Semangat Hamemayu Hayuning Praja Hamemangun Raharjaning Kutha bagi Pemkot Yogyakarta

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Minggu, 07 Juni 2020
0 dilihat
Semangat Hamemayu Hayuning Praja Hamemangun Raharjaning Kutha bagi Pemkot Yogyakarta
Wali Kota Yogyakarta, Drs Haryadi Suyuti bersama Wakil Wali Kota Drs Heroe Poerwadi, MA. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Yaitu mewujudkan tata pemerintahan yang baik untuk membangun kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Yogyakarta. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Pada tanggal 6 Juni 2020 kemarin, Kota Yogyakarta berusia 73 tahun. Hal itu sesuai Undang-undang No.17 tahun 1947 tentang pembentukan Haminte-Kota Yogyakarta.

Peristiwa itu menandakan berdirinya Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam UU tersebut menyatakan bahwa wilayah Kasultanan dan Pakualaman serta beberapa daerah dari Kabupaten Bantul yang sekarang menjadi Kecamatan Kotagede dan Kecamatan Umbulharjo ditetapkan sebagai daerah yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dengan nama Haminte Kota Yogyakarta dengan M. Enoch sebagai wali kota pertama .

Pada tahun 1950, Haminte menjadi Kota Praja Yogyakarta. Dengan adanya Dekrit Presiden 5 Juli 1959, maka UU Nomor 18 tahun 1965 diberlakukan. Sehingga sebutan Kota Praja diganti menjadi Kotamadya Yogyakarta yang merupakan Daerah Tingkat II yang dipimpin oleh wali kotamadya.

Baca juga: Wali Kota Evaluasi Tanggap Darurat COVID-19 di Yogyakarta

Kemudian, dengan diperluasnya otonomi daerah, melalui Undang-undang No. 22 Tahun 1999, sebutan Kotamadya Dati II Yogyakarta diubah menjadi Kota Yogyakarta dengan wali kota sebagai kepala daerahnya.

Pada hari jadinya yang ke-73 kali ini, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti,  Pemerintah Kota Yogyakarta mengangkat semangat hamemayu hayuning praja, hamemangun raharjaning kutha.

"Yaitu mewujudkan tata pemerintahan yang baik untuk membangun kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Yogyakarta," terang Haryadi Suyuti.

Bagi Haryadi, semangat ini didasarkan atas tekad Pemerintah Kota Yogyakarta untuk hadir sebagai pramu praja atau pelayan masyarakat dalam mewujudkan Yogyakarta yang sejahtera dan makmur.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga