Semarak Peringatan Hari Menanam Pohon di Kendari

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Minggu, 28 November 2021
0 dilihat
Semarak Peringatan Hari Menanam Pohon di Kendari
Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, Mahacala UHO gandeng Pemerintah Kota serta Komunitas Pelajar dan Mahasiswa se-Kota Kendari. Foto: Ist.

" Menyemarakkan Hari Menanam Pohon Indonesia setiap 28 November, mahasiswa pecinta alam (Mahacala) Universitas Halu Oleo (UHO) laksanakan penanaman pohon bersama Pemerintah Kota (Pemkot) dan beberapa Komunitas "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyemarakkan Hari Menanam Pohon Indonesia setiap 28 November, mahasiswa pecinta alam (Mahacala) Universitas Halu Oleo (UHO) laksanakan penanaman pohon bersama Pemerintah Kota (Pemkot) dan beberapa Komunitas.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kendari, Ratna Sakay mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan hari ini, Minggu (28/11/2021).

"Kegiatan ini sangat baik, apalagi ini murni ide dari anak muda, diinisiasi oleh Mahacala UHO yang berkolaborasi dengan berbagai organisasi pemuda, mahasiswa, dan juga pelajar," katanya.

"Ini sangat baik menurut saya, karena memang daerah perkotaan, menanam pohon itu sangat penting karena memiliki fungsi ekologis, fungsi ekonomi, dan fungsi sosial," sambungnya.

Selain gandeng DLHK Kota Kendari, Mahacala UHO juga bergerak bersama Sispala dan Pramuka SMA se-kota Kendari, Komunitas Pencinta Alam dan beberapa UKM UHO.

Baca Juga: Sekda Sultra Ingatkan Dharma Wanita Jaga Kesehatan Mental

Pohon yang berhasil ditanam kurang lebih berjumlah 1000 bibit pohon, dengan berbagai jenis pohon diantaranya pohon Tanjung, pohon Ketapang Kencana dan pohon Bungur.

Lokasi penanaman bertempat di sepanjang jalan Boulevard KM 40, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, yakni mulai dari depan SMP Negeri 15 Kendari hingga di depan Taman Kolam Retensi.

Pasalnya, kegiatan yang bertema "Hijaukan Indonesia" ini merupakan bentuk kepedulian Mahacala UHO terhadap isu lingkungan dan krisis iklim yang semakin mencuat.

Baca Juga: Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19 dengan Kerajinan Nentu

Ketua Mahacala UHO, Aditya Hendrawan menuturkan, salah satu tujuan dari penanaman pohon yang dilakukan hari ini adalah bentuk ikhtiar dalam penanganan isu lingkungan dan iklim di Kota Kendari.

"Kegiatan ini merupakan bentuk campaign kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga dan merawat kelestarian lingkungan kita, demi terciptanya Kendari yang sejuk, nyaman, serta layak huni," tuturnya.

Ia juga berharap, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan sebagai agenda tahunan Mahacala UHO dengan skala yang lebih besar nantinya.

"Harapannya juga bisa menggandeng seluruh lapisan masyarakat untuk membangun konsistensi dalam menjaga lingkungan," pungkasnya. (B)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga