Semarakkan HUT 79 RI, Dikbud Sulawesi Tenggara Bagikan 17 Ribu Bendera Merah Putih

Nur Fauzia, telisik indonesia
Sabtu, 03 Agustus 2024
0 dilihat
Semarakkan HUT 79 RI, Dikbud Sulawesi Tenggara Bagikan 17 Ribu Bendera Merah Putih
Siswa siswi SMA dan SMK membagikan bendera merah putih kepada masyarakat Kota Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara membagikan bendera merah putih kepada masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara membagikan bendera merah putih kepada masyarakat, Jumat (2/8/2024).

Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati 17 Agustus, Dikbud bersama siswa-siswi SMA dan SMK membagikan bendera merah putih kepada masyarakat Sulawesi Tenggara untuk dikibarkan secara bersama-sama di rumah masing-masing.

Kata Yusmin, Dikbud Sulawesi Tenggara membagikan sebanyak 17 ribu bendera merah putih kepada masyarakat khususnya di Kota Kendari dan pembagiannya akan dilaksanakan sampai tanggal 15 Agustus secara terus menerus.

Bendera merah putih ini akan dibagikan ke seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, sambung Yusmin. Bendera tersebut diadakan oleh Dikbud dan sumbangsih seluruh sekolah yang ada di Sulawesi Tenggara serta beberapa dijahit oleh siswa-siswi SMK.

Sementara itu salah satu siswa SMAN 1 Kendari, Muhammad Ridho Ramadan, yang turut serta dalam membagikan bendera, mengaku sangat bersemangat mengikuti kegiatan pembagian bendera merah putih.

Baca Juga: Gelar Lomba Cerdas Cermat, Dikbud Sultra Tingkatkan Literasi Siswa SMP

Menurutnya, dengan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, akan memudahkan masyarakat karena tidak perlu lagi membeli bendera. Serta dengan pembagian bendera oleh pemerintah dan diikuti oleh para siswa, akan menumbuhkan jiwa nasionalisme. Bagi dia, makna 17 Agustus sangat besar salah satunya dengan mengenang jasa pahlawan.

"Jika para pahlawan kita berperang untuk  kemerdekaan, maka kita sisa menikmatinya yaitu dengan selalu mengingat jasa-jasa mereka salah satu caranya adalah dengan membagikan bendera seperti ini untuk memudahkan masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Dikbud Muna Alokasikan Rp 1 Miliar Buat Pembangunan Gedung SMPN 2 Maligano

Salah satu masyarakat yang menerima bendera, Syahrul mengungkapkan bahwa ia sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah membagikan bendera. Kata dia, dengan mendapatkan bendera gratis tidak ada lagi alasan untuk tidak mengibarkan bendera di tempat tinggal masing-masing.

"Dengan dapat bendera gratis seperti ini, 17 Agustus kali ini kita akan meriahkan dan setiap rumah wajib ada bendera merah putihnya," tutupnya dengan  penuh semangat.

Untuk diketahui, pembagian bendera merah putih tersebut diikuti oleh 150 orang siswa siswi perwakilan SMAN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari, dan SMKN 1 Kendari. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga