Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, Kota Kendari Gelar Lomba Perahu Toktok di Kali Kadia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, Kota Kendari Gelar Lomba Perahu Toktok di Kali Kadia
Pemkot resmi membuka kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Kota Kendari yang digelar di Kali Kadia. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari menyambut hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan menggelar lomba perahu toktok "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari menyambut hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan menggelar lomba perahu toktok. Lomba perahu toktok menjadi salah salah lomba yang digelar Pemkot Kendari untuk mengenalkan permainan tradisional pada anak-anak milenial maupun gen Z.

Ketua panitia sekaligus Asisten III Sekretariat daerah (Sekda) Kota Kendari, Makmur menuturkan, lomba perahu toktok merupakan permainan tradisional yang ingin diperkenalkan pada generasi saat ini.

"Lomba hari ini sebagai bagian awal semarak kegiatan bulan kemerdekaan tingkat Kota Kendari, kita lakukan eksibisi perahu toktok yang diikuti oleh pelajar di jenjang SD dan SMP se-Kota Kendari," katanya usai pembukaan kegiatan lomba tersebut, Jumat (4/8/2023).

Ia menambahkan, lomba tersebut selain bisa memperkenalkan pada generasi milenial dan gen Z, juga bisa menambah nilai edukasi.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 sekolah, masing-masing sekolah satu tim terbagi atas 5 orang peserta. Ia berharap dengan terselenggaranya lomba dan kegiatan tersebut di Kali Kadia, sekaligus memanfaatkan Kali Kadia sebagai ruang terbuka publik, khususnya bagi warga sekitar.

Baca Juga: 13 Ide Lomba Unik Menyambut HUT Kemerdekaan RI

Terpisah, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, berharap dengan dibukanya lomba ini di Kali Kadia bisa dimanfaatkan oleh masyarakat termasuk dalam menggelar kegiatan positif lainnya, dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahan Kali Kadia.

"Mudah-mudahan, walaupun saat ini masih dalam proses, kita sudah bisa menikmati ikon baru yang akan menjadi identitasi di Kota Kendari, yaitu Kali Kadia. Ini adalah milik masyarakat, bukan hanya milik perseorangan," tuturnya saat membuka kegiatan.

Baca Juga: Cantiknya Briptu Ragil Rahmi, Polwan Pertama Polda Sultra Jadi MC HUT Kemerdekaan di Istana

Melansir Tgrcampaign.com, kapal otok-otok saat bergerak di atas air terdengar bunyi seperti “otok-otok-otok”. Mainan yang bebentuk miniatur kapal ini dapat bergerak tanpa baterai dengan memanfaatkan konsep fisika yaitu prinsip tekanan uap air.

Prinsip kerja kapal ini menggunakan penggerak berupa uap air yang keluar dari pipa dalam kapal. Adanya sumbu api pada pipa di dalam kapal otok-otok mengakibatkan pemanasan yang dapat meningkatkan suhu air.

Uap yang dihasilkan dari air panas ini mendorong keluar air di dalam kapal, sehingga kapal otok-otok bisa terdorong. Siklus ini terjadi secara terus-menerus sampai kapal otok-otok dapat bergerak di atas air. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga