adplus-dvertising

Sepenggal Kisah Benteng Tua Takimpo di Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Minggu, 20 September 2020
2726 dilihat
Sepenggal Kisah Benteng Tua Takimpo di Buton
Benteng Tua Takimpo. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Sepengetahuan saya dari kisah leluhur benteng ini sudah ada sebelum berdirinya Kesultanan Buton. Dan benteng ini adalah salah satu dari 9 benteng yang ada di Takimpo ini. "

BUTON, TELISIK.ID - Buton memiliki banyak kearifan lokal yang sangat menarik untuk di bahas dan dipublikasikan.

Misalnya Benteng Tua Takimpo yang merupakan salah satu situs budaya yang masih banyak menyimpan misteri tentang asal usul dari berdirinya Kesultanan Buton secara keseluruhan.

Benteng tua ini terletak di Kelurahan Takimpo Kecamatan Pasarwajo, tidak jauh dari pusat Pemerintahan Buton sekarang.


Menurut La Oki salah satu warga dari Takimpo meyakini, benteng tua itu merupakan salah satu situs awal terbentuknya pemerintahan Kesultanan Buton pada jaman dahulu.

Baca juga: Suku Bajo Lamanggau, Manusia Penyelam Tangguh

"Sepengetahuan saya dari kisah leluhur benteng ini sudah ada sebelum berdirinya Kesultanan Buton. Dan benteng ini adalah salah satu dari 9 benteng yang ada di Takimpo ini," jelas La Oki, Minggu (20/9/2020).

La Oki juga kemudian melanjutkan, bentuk benteng itu jika dilihat dari atas berbentuk seperti telapak kaki kanan manusia.

"Benteng Takimpo Luwu adalah nama kawasan ini dan ada lagi delapan benteng lagi dengan nama dan bentuk unik lain yang letaknya agak berjauhan jaraknya," paparnya.

"Selain digunakan untuk tempat ritual adat, tempat ini pernah digunakan untuk pelantikan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi waktu terpilihnya dulu," katanya.

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga