Sepi Penumpang, Pendapatan Sopir Taxi Online Turun Drastis

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 10 September 2021
0 dilihat
Sepi Penumpang, Pendapatan Sopir Taxi Online Turun Drastis
Ketua DPD Partai Gerindra Andi Ady Aksar (kiri) bersama Sekretaris DPD Gerindra Safarullah (kanan) menyerahkan bantuan beras pada perwakilan taxi online di kantor DPD Gerindra Sultra. Foto: Sumarlin/Telisik

" Namun saat ini dia hanya bisa mengumpulkan uang Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Bahkan jika sepi dia hanya bisa mengumpulkan Rp 100 ribu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dampak pandemi COVID-19 masih dirasakan banyak masyarakat, salah satunya sopir taxi online.

Mereka berfikir keras untuk mendapatkan penghasilan setiap hari, sebab mereka harus membiayai kebutuhan keluarganya dan juga membayar cicilan kendaraan mereka.

Salah seorang sopir taxi online Sarmin di Kota Kendari, Sarmin menuturkan, pendapatannya turun drastis selama pandemi COVID-19.

 

Ketua DPD Gerindra Andi Ady Aksar memasang stiker ASR pada mobil taxi online sebagai bentuk dukungan terhadap ASR. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Ditambah lagi, kata dia, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih terus berlaku membuat penumpang semakin sepi.

Sebelum COVID-19, tambah Sarmin, bisa memperoleh pendapatan sekira Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu sehari.

Namun saat ini dia hanya bisa mengumpulkan uang Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Bahkan jika sepi dia hanya bisa mengumpulkan Rp 100 ribu.

Baca juga: Harta Kekayaan Gubernur Ali Mazi Bertambah Rp 2 Miliar Selama Pandemi COVID-19

"Itu (pendapatan) kotor karena ada biaya yang harus dikeluarkan, kalau sekarang masih bisa dapat Rp 100 ribu bersih sudah sukur sekali," ungkapnya, Jumat (10/9/2021).

Dia mengaku, cukup terbantu dengan adanya bantuan yang mereka dapatkan dari Partai Gerindra dan Andi Sumangerukka (ASR) berupa beras dan uang tunai.

Partai Gerindra Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Relawan Andi Sumangerukka (ASR) menyerahkan bantuan beras dan uang tunai pada komunitas Motor Anawai, taxi online, dan angkutan trans Sulawesi yang terdampak COVID-19.

Penyerahan bantuan itu dilakukan di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra, Jumat (10/9/2021).

Pada kesempatan itu, Ketua DPD Gerindra Sultra Andi Ady Aksar secara simbolis memasang stiker pada mobil taxi online dan motor menandai dukungan mereka pada ASR sebagai Gubernur Sultra tahun 2024.

Ketua DPD Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar mengungkapkan, bantuan diberikan untuk membantu para sopir yang terdampak COVID-19 yang menyebabkan pendapatan mereka menurun.

Baca juga: Warga Tobuha Sebulan Tak Nikmati Air PDAM, Hanya Dijanji Tidak Ada Bukti

"Pak Andi Sumangerukka dan Gerindra maju bersama untuk membantu teman-teman yang terdampak Covid. Sebelum Covid mungkin pendapatannya masih rata-rata, tapi setelah Covid mungkin pendapatannya juga ikut berkurang. Tapi saya lihat ini masih semangat semua," tuturnya.

Ketua ASR Sultra ini berharap, semangat para sopir itu bisa berbarengan dengan semangat memenangkan ASR pada pilkada Gubernur Sultra tahun 2024.

Melihat semangat itu, lanjut Ady, membuat partai Gerindra yang akan mengusung ASR juga semakin semangat menggelorakan ASR hingga ke pelosok wilayah Sultra.

"Saya yakin Bapak ASR bisa menang di 2024, laporan dari berbagai daerah sudah masuk ke saya, semua daerah semangat dan antusias. Seandainya mungkin pilkada besok, saya yakin ASR akan jadi pemimpin baru di Sulawesi Tenggara," ungkapnya, diaminkan hadirin serta disambut tepuk tangan.

Kata ketua IPSI ini, kekompakan dan semangat para relawan ASR harus terus dijaga hingga tahun 2024 hingga mempunyai gubernur baru dan kader-kader baru di legislatif, namun dia meminta kebersamaan tidak hanya pada momen politik saja namun selamanya.

Pada penyerahan bantuan itu hadir juga ketua DPRD Kolaka dan sejumlah ketua DPC Partai Gerindra.

Sedikitnya 200 anggota Komunitas mendapatkan bantuan beras dan uang tunai pada kegiatan Jumat berkah itu. (B).

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga