adplus-dvertising

Seruan Boikot, Berikut Deretan Produk Asal Prancis di Indonesia

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 29 Oktober 2020
27031 dilihat
Seruan Boikot, Berikut Deretan Produk Asal Prancis di Indonesia
Seorang pria memegang gambar Macron dengan cetakan sepatu di atasnya ketika pengunjuk rasa Turki meneriakkan slogan-slogan menentang Prancis selama demonstrasi atas kartun Nabi Muhammad, di Istanbul. Foto: Repro Tribunnews.com

" Jangan memuji barang-barang berlabel Prancis, jangan membelinya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Prancis Emmanuel Macron menuai banyak kecaman dari negara Islam dunia terkait pernyataannya baru-baru ini.

Macron dianggap menghina Islam dengan mengatakan agama yang mengalami krisis di seluruh dunia.

Pernyataan satire Presiden Perancis Emmanuel Macron terkait kontroversi gambar kartun karikatur Nabi Muhammad mengundang banyak reaksi kecaman umat Islam dunia.


Presiden Perancis tetap mendukung kebebasan berekspresi terkait kontroversi karikatur Nabi Muhammad.

Ucapan Macron dalam pidato terbukanya dalam pemakaman guru sejarah Samuel Paty, mendatangkan banyak hujatan untuknya. Tak heran ajakan untuk boikot produk Perancis pun banyak diserukan.

Seruan boikot produk asal Perancis terus menggema di seluruh media sosial. Netizen bahkan memperkenalkan produk-produk asal Perancis yang beredar di tanah air yang akan diboikot.

Ucapan Macron lantas dikritik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia menyebut kesehatan mental Macron perlu diperiksa serta mengajak boikot produk-produk Prancis.

"Jangan memuji barang-barang berlabel Prancis, jangan membelinya," ujarnya seperti dilansir Hurriyet Daily News.

Sejumlah asosiasi perdagangan di negara Timur Tengah turut menyerukan hal serupa. Di antaranya yakni; Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Aljazair, Sudan, Palestina, dan Maroko.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Biaya Pembuatan SIM A dan SIM C di Seluruh Indonesia

Fadli Zon pun geram dan turut menyuarakan pemboikotan produk-produk Perancis lewat postingan di akun twitter pribadinya @fadlizon yang ia sematkan.

Dalam postingan tersebut tertulis: Pernyataan Presiden Perancis Macron telah melukai banyak umat Islam di seluruh dunia. Ini contoh pemimpin negara yg Islamophobia diskriminatif n rasis. Mari kita boikot produk2 Perancis!

Dilansir dari video Youtube Pikiran Rakyat dengan judul ‘Geram Terhadap Pernyataan Macron Terhadap Islam, Fadli Zon: Mari Kita Boikot Produk-Produk Perancis’ yang di posting pada 27 Oktober 2020.

Di Indonesia sendiri kritik tersebut disampaikan oleh Faisal Basri, Mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan bahkan dari MUI.

Seruan pemboikotan tersebut juga menampilkan berbagai jenis produk mulai dari kosmetik, fashion, makanan, otomotif hingga energi.

Adapun brand fashion produk prancis yang laris di Indonesia, meliputi Louis Vuitton, Chanel, Hermes, Mont Blanch, Givenchy, Yves Saint Laurent, dan lainnya. Selain itu produk kecantikan L’Oreal serta Garnier, yang tidak asing bagi netizen Indonesia akan segera terjaring dalam pemboikotan.

Untuk produk makanan asal Perancis, sebut saja Danone dan Kraft yang banyak terlihat pada gerai mini market dan supermarket. Kemudian pada sektor energi dan otomotif juga masuk daftar ‘embargo’ netizen. Pada otomotif ada Renault dan Peugeot, sedangkan Total dan Elf mewakili dari sektor energi domestik.

Beberapa produk Prancis selama ini memang telah mendunia, termasuk ke Indonesia. Beberapa di antaranya adalah produk yang dikenal mewah dan banyak dicari.

Baca juga: Kenali Isi, Makna dan Sejarah Hari Sumpah Pemuda

Berikut beberapa produk dan perusahaan asal Prancis yang banyak ditemui di banyak negara, termasuk Indonesia seperti mengutip berbagai sumber, Rabu (28/10/2020):

1. Accor (hotel)

2. Babybel (makanan minuman)

3. BiC (alat tulis)

4. BNP Paribas (perusahaan manajer investasi)

5. Chanel (kecantikan dan fesyen)

6. Citroen (otomotif)

7. Danone (makanan minuman)

8. Doux (makanan minuman)

9. Evian (makanan minuman)

10. Garnier (kecantikan)

11. Givenchy (kecantikan dan fesyen)

12. Lacoste (fashion)

13. Lancome (kecantikan)

14. Loreal (kecantikan)

15. Louis Vuitton (fashion)

16. LU (makanan minuman)

17. Michelin (otomotif)

18. Moulinex (perkakas)

19. Nina Ricci (kecantikan)

20. Peugeot (otomotif)

21. Renault (otomotif)

22. Societe generale (perusahaan finansial)

23. Tefal (perkakas)

24. TOTAL (migas)

25. Yves Saint Laurent (kecantikan dan fesyen)

26. Pernod Ricard

27. Sanofi-Aventis

28. Schneider Electric

29. Vivendi Universal

30. Lafarge. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga