Setelah Beroperasi, Terminal Tipe B Lacaria Dikelola Dishub Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 08 Desember 2020
0 dilihat
Setelah Beroperasi, Terminal Tipe B Lacaria Dikelola Dishub Kolut
Terminal Tipe B Lacaria Kolaka Utara yang terletak bersebelahan dengan Pasar Lacaria, Lasusua. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Kalau semua sudah selesai maka Terminal Lacaria dengan tipe B ini sudah bisa difungsikan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pembangunan Terminal Tipe B Lacaria Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang  dibangun sejak 2019 lalu oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kini hampir rampung.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Disperhub) Kolut, Ir. Junus, M.Si, setelah penimbunan lokasi dan pembangunan pagar serta gerbang, selanjutnya tinggal menunggu penyelesaian pembangunan fasilitas dalam terminal berupa kantor dan ruang tunggu penumpang.

"Kalau semua sudah selesai maka Terminal Lacaria dengan tipe B ini sudah bisa difungsikan," jelas Junus, Selasa (8/12/2020).

Meski terminal ini dibangun oleh Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, lanjutnya, Disperhub Kolut dan Disperhub Provinsi  sudah membuat Memorandum Of Understanding (MOU) atau kesepakatan terkait manajemen pengelolaan Terminal Lacaria Kolaka Utara bila telah beroperasi nanti.

"Jadi sebelum pembangunan terminal dimulai, sudah ada kesepakatan antara Dishub Kabupaten dan Provinsi terkait pengelolaan terminal tersebut. Untuk pengelolaannya diserahkan ke Dinas Perhubungan Kolaka Utara dengan sistem bagi hasil yakni 60 persen masuk ke kas Pemda Kolut, sementara 40 persennya lagi menjadi bagian dari provinsi," katanya.

Baca juga: Personel Digeser ke PPK, Pengamanan Pilkada Muna Diperketat

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, kehadiran terminal ini akan menjadi simpul transportasi sehingga akan memperbaiki tata kelola transportasi umum di Kolut.

"Setelah berfungsi, kami dari Dinas Perhubungan Kolaka Utara akan mulai membuat trayek (rute) atau jalur lintasan kendaraan umum. Dengan begitu, kendaraan rute Kolut-Palopo, Kolut-Kolaka, dan Kolut-Kendari itu trayeknya sudah jelas," ungkapnya.

Mantan Asisten II Sekda Kolut ini juga menegaskan, semua angkutan umum baik yang melintas maupun beroperasi di wilayah Kolut akan masuk ke terminal sebelum melanjutkan perjalanan menuju daerah tujuan.

"Artinya angkutan umum yang melintas di Kolaka Utara harus masuk dulu ke terminal baru keluar lagi. Walaupun hanya sebatas melintas. Termasuk di antaranya bus-bus besar dengan rute Toraja-Kendari atau Makassar-Kendari," ucapnya.

Junus berharap Disperhub Provinsi dapat memprioritaskan anggaran pembangunan Terminal Lacaria Kolut untuk tahun 2021 sehingga terminal yang dibangun tepat di samping Pasar Lacaria Lasusua tersebut dapat digunakan tahun depan. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga