Sirkuit Ujian Praktik SIM Kini Lebih Gampang, Tak Ada Model 8 dan Zigzag Lagi

Kardin, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Sirkuit Ujian Praktik SIM Kini Lebih Gampang, Tak Ada Model 8 dan Zigzag Lagi
Sirkuit ujian praktik SIM kini lebih mudah dan tak sesulit dahulu yang meliuk-meliuk. Banyak lintasan telah dirubah oleh Polri. Foto: Kardin/Telisik

" Sirkuit ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) kini lebih mudah dan tak sesulit dahulu yang meliuk-meliuk. Banyak lintasan telah dirubah oleh Polri. Seperti sirkui yang diremikan oleh Polresta Kendari yang tampak lebih simpel "

KENDARI, TELISIK.ID - Sirkuit ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) kini lebih mudah dan tak sesulit dahulu yang meliuk-meliuk. Banyak lintasan telah dirubah oleh Polri. Seperti sirkui yang diremikan oleh Polresta Kendari yang tampak lebih simpel.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Rio Tangkari menerangkan, sirkuit ujian praktik SIM saat ini telah menghilangkan lintasan model angka 8 dan zigzag.

Tak sampai di situ saja, luas lintasan praktik juga diperlebar, dari awalnya hanya sekitar 90 Cm, kini sirkuit baru menjadi sekitar 150 Cm. Hal itu lebih memudahkan warga lulus tes drive untuk mendapatkan SIM C untuk kendaraan bermotor roda dua.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 17 Km saat HUT ke-78 Indonesia

"Yang model angka 8 diganti dengan menyerupai huruf S, selain itu luas lintasan juga diperlebar. Jadi lebih mudah," beber Rio Tangkari saat meresmikan sirkuit ujian praktik SIM di Polresta Kendari, Senin (7/8/2023).

Rio menerangkan, pemohon SIM C akan diawali dengan praktik ujian lintasan yang telah tersedia beserta rambu-rambu, dimulai jalur lurus, kemudian menemui tulisan "REM" dengan kotak kuning atau yellow box junction untuk melihat kepekaan pengendara.

Selanjutnya, materi ujian melalui lintasan letter U atau semacam putar arah, lalu melakukan manuver yang menyerupai huruf S, kemudian lintasan lurus lalu berbelok dengan terdapat kode "REM" sebelum melalui dua arah untuk memilih melewati jalur yang mana, terkahir adalah "STOP" menandakan ujian telah selesai.

Baca Juga: Residivis di Kendari Terjatuh dari Lantai 3 Toko Handphone, Kini Meninggal Dunia

"Materi terakhir, untuk menguji kepekaan pemotor untuk melakukan pengereman mengerah ke kiri atau ke kanan," bebernya.

Sementara, salah seorang warga yang ikut tes drive praktik SIM, Wildayanti mengaku, lintasan yang baru lebih gambang ketimbang lintasan lama. Sekali tes, ia langsung dinyatakan lulus praktik dan berhak mendapatkan SIM C.

"Alhamdulillah, lancar dan lintasannya tidak sulit, tidak seperti sebelumnya, yang sekarang lebih simpel," ucapnya usai ujian praktik SIM. (B)

Penulis: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga