Situasi Rumah di Kampung Halaman Menkominfo Pasca Ditetapkan Tersangka: Persiapkan 40 Hari Mendiang Ayah

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 17 Mei 2023
0 dilihat
Situasi Rumah di Kampung Halaman Menkominfo Pasca Ditetapkan Tersangka: Persiapkan 40 Hari Mendiang Ayah
Situasi terkini rumah di kampung halaman Menkominfo di Reok Manggarai, persiapan acara 40 hari mendiang ayah. Foto: Berto Davids/Telisik

" Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung BAKTI Kominfo "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung BAKTI Kominfo, Rabu (17/5/2023).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan pada hari ini, setelah kami evaluasi, kami simpulkan sudah terdapat cukup bukti bahwa yang bersangkutan diduga terlibat dalam peristiwa tindak pidana korupsi proyek pembangunan infrastruktur BTS 4G,” papar Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus), Kuntadi.

Ia menuturkan, Johnny akan ditahan selama 20 hari di Rutan Salemba Cabang Kejagung. Johnny ditahan lantaran menjadi pengguna anggaran selaku Menteri Kominfo.

Baca Juga: Data Nasabah BSI Diduga Kena Hack, Lockbit Minta Tebusan Rp 295,6 Miliar

“Atas hasil pemeriksaan tersebut, sehingga tim penyidik telah meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi jadi tersangka. Selanjutnya terhadap yang bersangkutan akan dilakukan penahanan 20 hari di Rutan Salemba Kejagung,” ungkapnya.

Penetapan status tersangka untuk Menkominfo itu menjelang dua hari acara 40 hari mendiang ayahnya Paulus Plate yang ditetapkan pada 19 Mei mendatang.

Situasi rumah di kampung halamannya Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mendadak sepi, pintu gerbang pun terkunci. Padahal tinggal dua hari acara 40 hari mendiang ayahnya.

Di depan rumah tingkat dua itu terparkir 3 unit mobil, salah satunya mobil milik Gregorius Alex Plate. Selain itu sekitar 50 meter dari rumah itu terlihat kelompok ibu-ibu sedang sibuk menyiapkan acara 40 hari mendiang ayah Paulus Plate.

Baca Juga: Dokter Gigi Ini Buka Praktik Aborsi Ilegal, Belajar Otodidak hingga 1.338 Nyawa Bayi Melayang

Informasi lain yang diperoleh wartawan, adik Menkominfo Gregorius Alex Plate juga sedang berada di kampung halaman Reok, Kabupaten Manggarai untuk mengikuti acara 40 hari mendiang ayah. Namun pasca abangnya ditetapkan tersangka ia tidak berada lagi di rumah itu.

Menurut keterangan ART Siska, Gregorius Alex Plate sedang keluar rumah untuk keperluan sesuatu.

"Om Leksi ada keluar. Tadi memang dia ada, sekarang di loteng hanya ada Om Frids Plate sedang telepon. Kami masih siap-siap acara 40 hari opa Polus  19 Mei" kata ART Siska saat dijumpai wartawan di gerbang rumah. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

Baca Juga