Sosok Agil Ismail, Pegiat Hak Anak dari Sulawesi Tenggara

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 14 Agustus 2023
0 dilihat
Sosok Agil Ismail, Pegiat Hak Anak dari Sulawesi Tenggara
Muh. Agil Ismail, pegiat anak nasional dari Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Agil adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo Angkatan (UHO) tahun 2021 yang telah aktif dalam organisasi Forum Anak Kendari sejak tahun 2019 lalu "

KENDARI, TELISIK.ID – Muhammad Agil Ismail atau yang kerap disapa Agil, adalah seorang mahasiswa asal Kota Kendari yang menorehkan berbagai prestasi memuaskan hingga ke tingkat nasional. Terakhir, dirinya terpilih menjadi Fasilitator Forum Anak Nasional periode 2023-2025.

Agil adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo Angkatan (UHO) tahun 2021 yang telah aktif dalam organisasi Forum Anak Kendari sejak tahun 2019 lalu. Pemuda asal Kelurahan Anggoeya, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara ini menuturkan pada Telisik.id, ketelibatannya pada Forum Anak Kota Kendari terjadi melalui keterlibatannya pada Ikatan OSIS se-Kota Kendari.

Agil yang saat itu merupakan pengurus OSIS dari SMAN 8 Kendari tersebut bergabung atas ajakan temanya yang kebetulan merupakan Ketua Forum Anak Kendari pada masa itu. Melalui Forum Anak tersebut, Agil mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan berbagai aspirasinya sebagai anak di Kota Kendari kepada pada pejabat daerah hingga Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pemuda kelahiran 13 Mei 2003 tersebut menambahkan, berbagai hal yang ia peroleh saat menjadi pengurus di Forum Anak Kota Kendari, mulai dari kemandirian, kemampuan public speaking yang meningkat, jejaring yang cukup luas, dan kesempatan bertemu dengan berbagai anak-anak hebat di Sulawesi Tenggara.

Untuk diketahui, Forum Anak adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Baca Juga: Sosok La Ode Habibi Ade Jama Polisi Asal Sulawesi Tenggara jadi Danki Paskibraka 2023, Suka Berbagi ke Anak Yatim

Melalui pengalamannya selama 4 tahun dalam organisasi tersebut, pada Maret 2023 lalu dirinya ditunjuk sebagai delegasi Sulawesi Tenggara untuk bersaing dengan berbagai pemuda-pemudi lainnya dari seluruh Indonesia untuk mengikuti seleksi pengurus Forum Anak Nasional tahun 2023-2025.

Pemuda dengan perawakan tinggi dan kulit putih bersih tersebut menuturkan secara rinci proses seleksi yang ia lewati. Mulai dari seleksi rsai kontribusi dan CV, E-Learning, psikotes hingga wawancara akhir yang memakan waktu cukup lama.

Agil juga menuturkan bagaimana ia ragu dan takut dengan proses seleksi ini, karena harus bersaing dengan pemuda-pemudi terbaik dari seluruh Indonesia. Hingga akhirnya segala jerih upayanya berbuah manis ketika dirinya ditetapkan sebagai pengurus Forum Anak Nasional perwakilan Sulawesi Tenggara periode tahun 2023-2025.

Sebagai seorang pengurus Forum Anak Nasional, dirinya mempunyai tanggung jawab yang meliputi UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Forum Anak, pasal 7 ayat 2 yang terbagi dalam 6 poin.

Baca Juga: Sosok Maman Suherman, Jurnalis yang Kini Jadi Penulis dan Pegiat Literasi Nasional

Selain itu, sebagai seorang pengurus perwakilan Sulawesi Tenggara, Agil selama 2 tahun ke depan juga mempunyai tugas untuk dapat mengembangkan Forum Anak yang ada di 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara, serta menjadi jembatan komunikasi antara anak-anak kepada pemangku kepentingan terkait pemenuhan hak nak.

Terpilihnya Agil menjadi bagian dari pengurus Forum Anak Nasional tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jurusan Ilmu Komunikasi, UHO. Sebagai mana yang disampaikan oleh salah satu teman angkatannya, Riko.

“Keren, sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, turut bangga dengan apa yang ia dapatkan,” tuturnya pada Telisik.id. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga