Sosok Andi Nurcahyati Amir Soetedjo, Guru SD Wakil Sulawesi Tenggara di Ajang Duta Pariwisata Nasional

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 28 September 2023
0 dilihat
Sosok Andi Nurcahyati Amir Soetedjo, Guru SD Wakil Sulawesi Tenggara di Ajang Duta Pariwisata Nasional
Sosok Andi Nurcahyati Amir Soetedjo yang jadi perwakilan Sulawesi Tenggara di Ajang Duta Pariwisata Sulawesi Tenggara. Foto: ist.

" Andi Nurcahyati Amir Soetedjo, atau yang akrab disapa Tenri, berhasil menjadi wakil Sulawesi Tenggara di ajang pemilihan Duta Pariwisata Nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Ajang tahunan pemilihan Duta Pariwisata Nasional baru saja selesai pada Minggu (24/9/2023) lalu di Bali, yang mana dalam ajang tersebut, Sulawesi Tenggara mengirimkan guru SD yang berprestasi, sebagai wakilnya.

Andi Nurcahyati Amir Soetedjo, atau yang akrab disapa Tenri. Gadis kelahiran 31 Agustus 2000 tersebut, lahir di kendari dengan darah campuran suku Bugis dan Jawa.

Tenri merupakan seorang guru SD di salah satu sekolah di Kendari. Namun di luar dari profesinya itu, Tenri sangat aktif dalam berorganisasi dan telah meraih berbagai prestasi sejak masih duduk di bangku SMA.

Diketahui, Tenri pernah menjadi Putri Kampus Olahraga 2021. Kemudian di tahun yang sama ia menjadi Indonesia Top Model. Di tahun 2022, ia menjadi Runner Up 4 Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara dan menjadi Runner Up 4 Duta Wisata Anandonia Luale Kota Kendari 2022. Ia juga aktif di berbagai organisasi salah satunya tergabung dalam Forum Genre Indonesia Sulawesi Tenggara dan menjadi Dewan Kerja Cabang Pramuka Kota Kendari.

Kepada Telisik.id, Ia mengaku menikmati kegiatan yang berhubungan dengan banyak orang.

Baca Juga: Sosok Nadilla Nurul Utami, Wakil Sulawesi Tenggara di Sekolah Duta Maritim Indonesia

"Aku sangat menikmati kegiatan yang melibatkan banyak orang, berorganisasi, dan menjadi guru di salah satu sekolah dasar di Kendari," jelasnya.

Sebagai Duta Pariwisata Nasional, Tenri menjelaskan sebuah proses panjang yang dilaluinya hingga berhasil menjadi finalis. Pertama, pada bulan Januari 2023 dia mendaftarkan diri mengikuti audisi secara nasional pemilihan Duta Pariwisata Indonesia untuk mengambil posisi sebagai perwakilan Sulawesi Tenggara.

Namun untuk menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara, selain harus bersaing dengan pendaftar yang lain, ada beberapa tes yang harus ia lewati seperti seleksi berkas, tes wawancara 1 untuk seluruh calon finalis, dan tes wawancara 2 untuk personal atau wawancara final. Kemudian pada Maret 2023 lalu ia terpilih menjadi Duta Pariwisata Sulawesi Tenggara 1.

Dalam ajang pemilihan Duta Pariwisata Nasional, Tenri memamerkan baju-baju yang terinspirasi dari pariwisata dan kebudayaan khas Sulawesi Tenggara, mulai Pearl Jasmine Savannah yang melambangkan bunga melati khas Sulawesi Tenggara dan padang savana yang banyak ditemukan di Sulawesi Tenggara.

Kemudian ia juga mengenakan pakaian serba biru yang dinamakan Sparkle Blue, melambangkan keindahan Laut Sulawesi Tenggara. Tenri juga memamerkan hasil produk kreatif dari Sulawesi Tenggara yang bekerja sama dengan avifacraft.id.

Kerajinan produk kreatif tersebut kemudian dipuji banyak pihak, seperti yang diucapkan oleh salah satu warganet, Rian Hans.

Baca Juga: Sosok Muhammad Irsyad, Arsitek Asal Konawe Utara Peraih Berbagai Penghargaan Internasional juga Perancang Gerbang Kota Kendari

"Semangat, hasil kerajinan yang luar biasa, so beautiful," tulisnya via Instagram.

Saat ini Tenri sebagai perwakilan Sulawesi Tenggara akan fokus untuk memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara melalui berbagai media bersama rekannya, Sulendra Mukti.

"Bersama Tenri, kami akan berusaha memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Sulawesi Tenggara yang cukup banyak," jelas Sulendra. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga