Sosok Anthony Ginting, Pebulu Tangkis yang Menjadi Juara BAC 2023

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
Sosok Anthony Ginting, Pebulu Tangkis yang Menjadi Juara BAC 2023
Sosok Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis yang baru saja meraih juara Badminton Asia Championships 2023. Foto: CNNIndonesia.com

" Atlet Bulu Tangkis, Anthony Sinisuka Ginting baru saja meraih gelar juara Badminton Asia Championships (BAC) 2023 setelah mengalahkan tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yeaw pada Minggu 30 April Lalu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Atlet Bulu Tangkis, Anthony Sinisuka Ginting baru saja meraih gelar juara Badminton Asia Championships (BAC) 2023 setelah mengalahkan tunggal putra asal Singapura, Loh Kean Yeaw pada Minggu 30 April Lalu.

Dikutip dari Viva.co.id, Anthony Sinisuka Ginting atau yang biasa dipanggil Anthony Ginting lahir di Cimahi, Jawa Barat, 20 Oktober 1996. Ia memiliki garis keturunan karo dari sang ayah. Ginting sangat mencintai olahraga bulu tangkis.

Bakat bulu tangkis-nya sudah terlihat sejak kecil, bahkan ketika masih duduk di Sekolah Dasar (SD) ia menjuarai kompetisi bulu tangkis MILO School Competition nomor Tunggal Putera 2008. Ginting kembali menjadi juara pada ajang yang sama ketika masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 2012.

Baca Juga: Juara Badminton Asia Championships 2023, Bermain Tenang Kunci Kemenangan Anthony Ginting

SGS PLN Bandung adalah klub yang dibelanya dan karier profesionalnya dimulai pada tahun 2013. Permainannya semakin berkembang dengan seiring berjalannya waktu, dan pengalaman bertandingnya cukup banyak. Mulai dari kejuaraan nasional hingga internasional telah dia ikuti.

Salah satu prestasi terbaiknya ketika meraih medali perunggu untuk Indonesia pada kompetisi BWF World Junior Championship 2014. Ia juga pernah menjadi salah satu punggawa merah putih pada ajang Piala Thomas 2016.

Ginting menjadi salah satu altet yang diandalkan untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia pada nomor tunggal putera. Ia kini berlatih keras baik mental maupun fisik di pelatnas Cipayung.

Pengalamannya terus ditambah dengan mengikuti banyak kejuaraan bergengsi, mulai dari Indonesia Open, Korea Open, Japan Open, Australia Open, All England hingga Thomas Cup.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Anthony Ginting adalah kecepatannya. Hal itu pernah menjadi perhatian pebulu tangkis andalan China sekaligus juara dunia 2015, Chen Long. Chen Long pernah dikalahkan Anthony pada kejuaraan Australian Open Superseries pada babak perempat final. Menurutnya, Anthony memiliki pergerakan yang cepat.

Anthony menjadi salah satu dari tiga pemain Indonesia yang dikirimkan pada ajang Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia. Ini adalah ajang perdana yang ia ikuti pada kejuaraan dunia. Sayangnya langkah Anthony Ginting terhenti pada babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017.

Dikutip dari Sindonews.co, Anthony Ginting meraih berbagai prestasi di dunia bulu tangkis, baik di level nasional maupun internasional. Beberapa prestasi yang ia peroleh di antaranya adalah menjadi juara dunia junior pada tahun 2014 di kategori tunggal putra, juara Asia Junior pada tahun 2015, dan juara Indonesia Masters pada tahun 2018.

Baca Juga: Jadwal SEA Games Sepak Bola 2023

Selain itu, Anthony Ginting juga sukses pernah menyabet medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 setelah kalah dalam pertandingan final dari Viktor Axelsen dari Denmark. Medali perunggu di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, setelah mengalahkan Kento Momota dari Jepang.

Sederet gelar juara antara lain di Indonesia Open 2018 setelah mengalahkan Kento Momota dari Jepang. Juara di China Open 2018 setelah mengalahkan Chou Tien-chen dari Taiwan. Juara di Singapore Open 2019 setelah mengalahkan Chen Long dari China. Juara di Swiss Open 2019 setelah mengalahkan Shi Yuqi dari China.

Anthony Ginting juga merupakan pemain bulu tangkis yang membantu tim Indonesia meraih medali emas di Piala Thomas 2018 dan medali perunggu di Piala Sudirman 2019. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga