Sosok Michelle Yeoh, Wanita Asia Pertama Raih Aktris Terbaik SAG Awards dan Masuk Nominasi Oscar

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Sosok Michelle Yeoh, Wanita Asia Pertama Raih Aktris Terbaik SAG Awards dan Masuk Nominasi Oscar
Sosok Michelle Yeoh wanita asia pertama yang memenangkan kategori Female Actor in A Leading Role di ajang SAG Awards. Foto: Repro Instagram @michelleyeoh_official

" Michelle Yeoh kembali menorehkan sejarah baru di dunia perfilman Internasional "

JAKARTA, TELISIK.ID - Michelle Yeoh kembali menorehkan sejarah baru di dunia perfilman Internasional. Pasalnya aktris berusia 60 tahun tersebut kembali meraih penghargaan utama di dunia perfilman sebagai Outstanding Performance by a Female Actor in a Leading Role lewat perannya dalam film Everything Everywhere All at Once di ajang SAG Awards.

Meski telah sampai pada puncak karirnya, perjalanan aktris berkebangsaan Malaysia tersebut tidaklah mudah. Dilansir dari CNNIndonesia.com, wanita yang lahir pada 6 Agustus 1962 tersebut memulai karier filmnya dalam film aksi dan seni bela diri Yes, Madam pada tahun 1985, di mana ia melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya tersebut.

Meski begitu, kariernya dalam dunia hiburan dimulai jauh sebelum itu. Anak dari pasangan Janet Yeoh dan Yeoh Kian Teik yang merupakan seorang pengacara dan politisi ini awalnya tertarik pada dunia tari sejak usia dini, memulai balet pada usia empat tahun.

Pada usia 15 tahun, ia pindah bersama orang tuanya ke Inggris, di mana ia terdaftar di sekolah asrama. Yeoh kemudian belajar di Royal Academy of Dance di London, mengambil jurusan balet. Namun, cedera tulang belakang mencegahnya menjadi penari balet profesional, dan ia mengalihkan perhatiannya kepada koreografi dan seni lainnya. Dia kemudian menerima gelar sarjana dalam Seni Kreatif dengan minor di bidang Drama.

Baca Juga: osok Oputa Yi Koo, Pahlawan Nasional jadi Inspirasi Film La Karambau

Baca Juga: Sosok Hugo Samir, Hafiz Al-Qur'an dengan Bakat Luar Biasa di Timnas U-20

Pada tahun 1983, pada usia 20 tahun, Yeoh memenangi kontes kecantikan Miss Malaysia. Ia mewakili Malaysia pada kontes Queen of the Pacific 1983 yang diadakan di Australia dan berhasil menjadi pemenang. Ia juga menjadi perwakilan Malaysia di kontes Miss World 1983 di London. Dari sana, ia tampil dalam iklan televisi bersama Jackie Chan yang menarik perhatian perusahaan produksi film Hong Kong, D&B.

Setelah kurang lebih 40 tahun dalam dunia perfilman, aktris ini kemudian mengambil peran utama dalam film Everything Everywhere All at Once sebagai Evelyn Quan Wang yang kemudian membawanya meraih berbagai penghargaan utama di berbagai ajang perfilman.

Terakhir ia masuk nominasi di ajang perfilman tertinggi di dunia yang dikenal sebagai Academy Awards atau Oscar dan menjadi wanita Asia pertama dalam nominasi Best Actrees bersanding dengan bebagai aktris ternama Hollywood lainnya seperti Ana de Armas, Cate Blanchett, Michelle Williams, Andrea Rise Borough. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga