Sosok Nayunda Nabila: Biduan Dangdut Titipan SYL Digaji Rp 4,3 Juta Per Bulan jadi Pegawai Kementan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 22 Mei 2024
0 dilihat
Sosok Nayunda Nabila: Biduan Dangdut Titipan SYL Digaji Rp 4,3 Juta Per Bulan jadi Pegawai Kementan
Nayunda Nabila saat mendatangi gedung KPK (kiri), dan potret yang ia bagikan saat bernyanyi. Foto: Suara.com/Instagram@nayundanabila

" Sosok penyanyi dangdut, Nayunda Nabila menjadi pusat perhatian publik setelah terungkap bahwa ia pernah bekerja sebagai tenaga honorer di Kementerian Pertanian dengan gaji lebih dari Rp 4 juta per bulan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sosok penyanyi dangdut, Nayunda Nabila menjadi pusat perhatian publik setelah terungkap bahwa ia pernah bekerja sebagai tenaga honorer di Kementerian Pertanian dengan gaji lebih dari Rp 4 juta per bulan.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, mantan Sekretaris Badan Karantina Kementerian Pertanian, Wisnu Haryana mengungkapkan, mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), merekomendasikan penyanyi dangdut Nayunda Nabila untuk dipekerjakan sebagai pegawai honorer di Kementan. Gaji yang diterima Nayunda pun terbilang cukup besar.

Wisnu Haryana menyatakan bahwa SYL menitipkan Nayunda Nabila di Badan Karantina Kementan sebagai pegawai honorer. Menariknya, meskipun secara resmi tercatat sebagai pegawai honorer di Kementan, tugas Nayunda sebenarnya adalah sebagai asisten anak SYL, Indira Chunda Thita, yang merupakan anggota DPR RI Fraksi NasDem.

Namun, Nayunda ternyata jarang masuk kantor meskipun menerima gaji jutaan per bulan tersebut.

Baca Juga: Pemuda Anak Petani dari Muna Barat Ini Raih Gelar Doktor di Usia 27 Tahun

Publik pun penasaran mengenai berapa sebenarnya gaji honorer di kementerian. Wisnu Haryana menjelaskan, Kementan telah memberi gaji Nayunda selama satu tahun sebelum memberhentikannya karena jarang masuk kantor.

Menurut Wisnu, Nayunda digaji sebesar Rp 4,3 juta per bulan, tetapi hanya dua kali datang ke kantor. Wisnu juga menambahkan bahwa Nayunda ditempatkan sebagai pegawai honorer di Kementan dengan tugas seolah-olah di bagian protokoler.

Dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi, Wisnu menyebutkan bahwa Nayunda dititipkan menjadi pegawai honorer Kementan dengan gaji Rp 4,3 juta per bulan.

"Pada waktu itu, arahan dari Gedung A juga, Pak Karo kalau tidak salah, bahwa si Nayunda ini akan menjadi asistennya Ibu Thita sehingga honornya dititipkan di (Badan) Karantina," kata Wisnu pada sidang yang berlangsung, pada Senin (20/5/2024).

Menurut Wisnu, Nayunda menjadi pegawai Kementan selama kurang lebih satu tahun. Statusnya kemudian diberhentikan karena jarang masuk ke kantor.

"Pernah masuk, Pak. Pernah masuk. Dua kali kalau enggak salah. Pernah masuk dua kali," ujar Wisnu kepada majelis hakim.

Sementara melansir nasional.tempo.co.id, Nayunda Nabila memiliki nama lengkap Nayunda Nabila Nizrinah. Ia lahir pada 8 Juni 1991 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Perempuan yang akrab disapa Nayunda ini memulai kariernya di industri musik dengan mengikuti ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia Dangdut pada 2021.

Namanya semakin dikenal masyarakat luas setelah menjadi runner-up atau juara kedua ajang pencarian bakat tersebut.

Selain mengikuti Rising Star Indonesia Dangdut, Nayunda juga diketahui pernah menjadi kontestan di ajang Indonesian Idol musim ke-7 pada 2012 dan mendapatkan golden ticket. Namun, perjalanannya berhenti di tengah jalan karena tereliminasi.

Baca Juga: Simak Profil YouTuber Korea Selatan yang Viral Diajak Pria Kendari ke Hotel

Berdasarkan unggahan di media sosial Instagram pribadinya, @nayundanabila, Nayunda adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Dia merupakan seorang pengacara yang telah mengambil sumpah advokat di Pengadilan Tinggi Makassar pada 10 Oktober 2023.

Di industri musik dangdut Tanah Air, Nayunda tergabung dalam grup Tiga Biduan, bersama Bella Queen dan Wina Gacima. Ketiganya kerap mengisi acara bertajuk DMD Panggung Rezeki yang tayang setiap hari Rabu di sebuah stasiun televisi swasta Indonesia.

Selama menjadi seorang penyanyi, Nayunda telah merilis tiga single lagu di bawah naungan label Swara Bintang Record. Ketiga lagu tersebut adalah Lelah Mengalah, Menangis Semalaman, dan yang terbaru Setia Selamanya.

Akhir-akhir ini, nama Nayunda menjadi sorotan usai terseret dalam kasus korupsi Syahrul Yasin Limpo. Pada 18 Mei lalu, tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa penyanyi dangdut tersebut atas dugaan aliran uang dari SYL. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga