Sosok Thomas Djiwandono, Ponakan Prabowo Bakal Dilantik Jokowi Jabat Wamenkeu, Ternyata Pernah jadi Wartawan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 18 Juli 2024
0 dilihat
Sosok Thomas Djiwandono, Ponakan Prabowo Bakal Dilantik Jokowi Jabat Wamenkeu, Ternyata Pernah jadi Wartawan
Thomas Djiwandono, dikabarkan bakal dilantik, Presiden Jokowi menjadi Wamenkeu. Foto: Repro Tempo

" Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal melantik Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat "

JAKARTA, TELISIK.ID -  Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal melantik Thomas Djiwandono, sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).

Hal itu membuat sosok Thomas Djiwandono menjadi perbincangan hangat, mengingat ia adalah keponakan dari Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Thomas Djiwandono, yang akrab disapa Tommy, adalah anak dari mantan Gubernur Bank Indonesia, Soedradjad Djiwandono, dan Biantiningsih Miderawati, yang merupakan kakak kandung Prabowo Subianto.

Dengan latar belakang keluarganya, Tommy juga merupakan cicit dari R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46, yang menambah panjang daftar pengaruh keluarganya dalam dunia perbankan dan keuangan Indonesia.

Baca Juga: Bansos untuk Lansia Cair Rp 900 Ribu Per Bulan, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Pendidikan Tommy sangat beragam dan mencakup beberapa universitas ternama. Ia menempuh pendidikan sarjana di Haverford College, Pennsylvania, dengan fokus pada sejarah. Selanjutnya, Tommy melanjutkan studi master di John Hopkins University di bidang hubungan internasional dan ekonomi internasional, seperti dilansir dari CNBC Indonesia.

Ia juga sempat belajar di School of Advanced International Studies, Washington DC.  Karier Tommy dimulai sebagai wartawan pada tahun 1993, sebelum akhirnya beralih ke dunia keuangan sebagai analis di Whetlock NatWest Securities di Hong Kong.

Pada tahun 2006, ia bergabung dengan perusahaan pamannya, Hashim Djojohadikusumo, di Arsari Group, di mana ia menjabat sebagai Deputy CEO di perusahaan agribisnis tersebut. Pengalaman kerja yang beragam ini membuatnya memiliki pandangan yang luas dan mendalam tentang berbagai aspek ekonomi dan bisnis.

Sementara mengutip Tempo, selama dua bulan terakhir, Tommy telah menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, terkait tata kelola fiskal dan siklus APBN.

Baca Juga: Nama Eks Kajati Sulawesi Tenggara Patris Yusrian Jaya Ikut Dipanggil KPK, Dugaan Korupsi Lingkup DJKA Kemenhub

Kerja sama ini diharapkan dapat mempermudah transisi pemerintahan dan memastikan kelangsungan kebijakan fiskal yang berkelanjutan.

Sri Mulyani sendiri memiliki hubungan kerja yang baik dengan Tommy, menunjukkan kepercayaan yang besar terhadap kemampuannya dalam menangani tugas-tugas berat di Kementerian Keuangan.

Selain itu, Tommy juga aktif dalam tim gugus tugas sinkronisasi yang dibentuk oleh Prabowo-Gibran untuk memfasilitasi transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke pemerintahan baru hasil Pemilu Presiden 2024.

Tim ini diketuai oleh Sufmi Dasco Ahmad dan Ahmad Muzani sebagai wakil ketua. Di dalam tim ini, Tommy bertugas sebagai anggota bidang keuangan bersama Budi Djiwandono, Sugiono, dan Prasetyo Hadi, yang semuanya merupakan anggota Partai Gerindra. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga