adplus-dvertising

Sri Sultan HB X Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Senin, 08 Juni 2020
591 dilihat
Sri Sultan HB X Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak segan-segan untuk menutup titik-titik yang dijadikan tempat nongkrong warga yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Foto: Kompas

" Sebab risiko terlalu besar jika tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan physical distancing. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Masyarakat yang beraktivitas di luar rumah haruslah menerapkan protokol kesehatan, baik mengenakan masker maupun physical distancing, termasuk ketika ada keperluan untuk beraktivitas di kawasan Malioboro.

Hal itu untuk mencegah penularan COVID-19 karena saat ini pandemi belumlah berakhir. Selain itu, jika ada kasus positif COVID-19 di Malioboro, maka akan sulit untuk melakukan tracing.

Apa yang dilakukan warga masyarakat untuk berkumpul dan tidak mengindahkan protokol kesehatan, seperti dikatakan Sri Sultan HB X, sangat membahayakan banyak nyawa.


Sri Sultan HB X lantas meminta kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, agar jangan sampai ada gelombang ke dua COVID-19 di DIY.

"Jangan sampai Malioboro saya tutup, jangan sampai terjadi COVID-19 ke dua, itu harus kita hindari. Jadi, saya minta kesadaran mereka yang ada di Malioboro," ujar Sri Sultan HB X.

Dikatakan Sri Sultan HB X, jika masih terdapat warga masyarakat yang kumpul-kumpul di kawasan Malioboro dan Titik Nol Kilometer tanpa menerapkan protokol kesehatan, akan ditindak tegas dengan dibubarkan.

Baca juga: Riwayat Panjang dan Makna Filosofis Alun-alun Utara Yogyakarta

"Sebab risiko terlalu besar jika tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan physical distancing," tandas Sri Sultan HB X.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengaku tidak segan-segan untuk menutup titik-titik yang dijadikan tempat nongkrong warga yang tidak mengindahkan protokol kesehatan di tengah ancaman pandemi COVID-19.

"Di Malioboro mereka kongkow-kongkow sambil duduk ya ora nganggo masker (tidak memakai masker)," ujar Sri Sultan HB X, Senin (8/6/2020).

Selama dua hari pada Sabtu-Minggu, Sri Sultan HB X melihat masih ada masyarakat yang kumpul-kumpul di Malioboro dan Titik Nol Kilometer tanpa memakai masker.

Selain itu, mereka juga berkumpul tanpa menerapkan physical distancing.

Sri Sultan HB X  meminta warga masyarakat yang kumpul-kumpul di Malioboro hingga Titik Nol Kilometer menerapkan protokol kesehatan.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Sumarlin

Baca Juga