adplus-dvertising

Suami Stroke, Ibu Ini Cari Nafkah Bawa Serta Dua Anaknya

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Sabtu, 29 Oktober 2022
418 dilihat
Suami Stroke, Ibu Ini Cari Nafkah Bawa Serta Dua Anaknya
Erni memulung dengan membawa kedua anaknya mengelilingi Kota Kendari. Hujan maupun panas bukan halangan baginya demi menghidupi keluarga. Foto: Wa Ode Sunaimi Rahman/Telisik

" Setiap hari Erni memulung membawa serta dua anaknya yang masih kecil. Mencari nafkah harus dilakoninya karena suaminya sakit stroke 5 bulan belakangan "

KENDARI, TELISIK.ID – Panas terik tak mengurangi semangat Erni bersama anak-anaknya mengais rupiah demi rupiah. Berjalan kaki di tengah gerah yang sangat, tak membuat keduanya mengeluh.

Barang bekas yang dibuang orang, bagi mereka justru adalah rezeki. Tempat sampah menjadi sasaran mereka mendapatkan botol plastik dan kertas karton bekas.

Jumat (28/10/2022) siang, keduanya masih terus berjalan menyusuri jalan utama dan lorong-lorong. Mereka keluar rumah setiap pagi, dan pulang ke kos-kosan di belakang Hotel Kartika, pada sore hari menjelang Maghrib.


Bertahun-tahun lamanya Erni menggeluti pekerjaan ini. Dia terpaksa menggantikan peran sang suami mencari nafkah, setelah suaminya sakit parah dan kini hanya bisa terbaring tak berdaya.

Tentu bukan hal yang mudah bagi Erni. Karena selain mencari nafkah untuk keluarga, dia juga harus mengurus anak-anaknya. Tak heran, dia terpaksa membawa serta dua anaknya ketika memulung.

Baca Juga: Tak Lagi Muda, Kakek 68 Tahun Ini Terpaksa Memulung untuk Hidupi Keluarga 

Anak sulungnya berusia 8 tahun membantu mendorong gerobak. Sementara anak kedua usia 2 tahun, harus disimpan di dalam gerobak ukuran kecil agar Erni tak perlu lagi capai menggendong.

Tampak anak 2 tahun itu sangat kepanasan. Sementara Aisa si sulung,  membantu sang ibu mendorong gerobak dengan tubuh kecilnya.

"Saya hanya ikut ibu kemana dia pergi," ucap Aisa malu-malu.

Bukan tak sayang anak Erni membawa anaknya memulung. Justru sebaliknya, karena anaknya tak ada yang mengurus di rumah, makanya kedua gadis kecil itu dibawanya memulung.

Baca Juga: Kakek 70 Tahun Rela Dorong Gerobak Bakso Demi Nafkah Keluarga 

Pekerjaan berat itu harus dilakoninya setiap hari demi menghidupi kedua anak dan suaminya. Sang suami tidak bisa bekerja karena mengalami stroke sejak 5 bulan terakhir. Selain itu, ia juga harus membayar uang kos setiap bulan.

Erni mengaku, penghasilan dari memulung sangat sedikit dan tidak cukup untuk kebutuhan keluarga, sehingga ia masih mengharapkan pemberian orang lain.

"Penghasilan saya dari memulung ini sangat sedikit, Alhamdulillah kadang ada orang-orang yang mau memberi," ucapnya. (A)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga