adplus-dvertising

Sungai Amazon, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia dan Melintasi 6 Negara

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 15 Januari 2022
1437 dilihat
Sungai Amazon, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia dan Melintasi 6 Negara
Pemandangan Sungai Amazon dari atas. Foto: Repro commons.wikimedia.org

" Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia "

RIO DE JANEIRO, TELISIK.ID - Siapa yang tidak kenal dengan Sungai Amazon? Sungai ini memiliki rentang terpanjang kedua di dunia, setelah Sungai Nil.

Mengutip wikipedia.org, Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia – Sungai Nil di Afrika merupakan yang terpanjang.

Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun, membawa lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze digabungkan.


Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, tetapi Amazon bisa dianggap "terkuat" jika dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik.

Setidaknya, panjang sungai ini sekitar 6.400 kilometer atau setara dengan jarak dari New York ke Roma di Italia.

Baca Juga: Deretan Pria Muslim Tertampan di Dunia, Wanita Dijamin Tak Tahan

Melansir tempo.co, penggunaan nama Sungai Amazon ini diketahui didapat dari seorang tentara Spanyol, Francisco de Orellana. Pada tahun 1541, menjelajahi Amazon, kemudian dianggap sebagai orang Eropa pertama yang menjelajahi panjang sungai.

Francisco de Orellana, mengutip laman britannica.com, menamai Amazon setelah bertemu dan terlibat pertempuran dengan pejuang wanita. Hal ini mengingatkannya kepada Amazon dalam mitologi Yunani.

Panjang sungai ini diukur dari hulu sistem sungai Ucayali- Apurímac di Peru selatan. Sedangkan bagian paling barat sungai ini berada di Pegunungan Andes, sekitar 160 kilometer dari Samudra Pasifik.

Cekungan Amazon menempati sekitar 38 persen dari luas Amerika Selatan. Menurut United State Geological Survey ini meliputi 6,9 juta km persegi.

Selain itu, lebih dari dua pertiga dari cekungan ditutupi oleh hutan hujan yang terletak di enam negara bagian, membentang dari Brasil, Peru, Colombia, Ecuador, Bolivia, hingga Venezuela. Tetapi sebagian besar dari cekungan dan dua pertiga Sungai Amazon terletak di Brasil.

Baca Juga: Warga Korea Utara Wajib Kumpulkan Kotorannya Sendiri Setiap Hari, Ternyata untuk Ini

Sungai ini pun melewati beberapa kota di benua Amerika Latin. Tak tanggung, kota-kota yang terletak di lembah Amazon berpenduduk 1,3 juta orang, yakni Belem di Brasil.

Sedangkan kota Manaus berpenduduk 2 juta orang yang terletak di tengah hutan, lalu ada Iquitos, di Peru yang merupakan kota pelabuhan dan menjadi gerbnag menuju desa-desa suku di Amazon Utara.

Menyoal penduduk Amazon sendiri, Coordinator of Indigenous Organization of the Amazon Basin, sekitar 9% atau 2,7 juta penduduk asli yang menempati lembah Sungai Amazon.

Ini juga termasuk dari 350 kelompok etnis yang berbeda. Sekitar 60 di antaranya masih terisolasi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga