adplus-dvertising

Surunuddin Janji Perbaikan Gedung BLK Konsel

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 07 Maret 2022
490 dilihat
Surunuddin Janji Perbaikan Gedung BLK Konsel
Salah satu model pelatihan yang digelar BLK Konsel pada warga guna untuk meningkatkan kemandirian. Foto: Ist

" Surunuddin Dangga, siap mengucurkan anggaran perbaikan atau pembuatan gedung baru Balai Latihan Kerja (BLK) Konsel "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, siap mengucurkan anggaran perbaikan atau pembuatan gedung baru Balai Latihan Kerja (BLK) Konsel.

Nantinya, anggaran tersebut disiapkan di anggaran perubahan APBD 2022 atau APBD induk 2023.

“Namun pihak BLK Konsel melalui Distransnaker Konsel harus segera mengajukan rancangan kerja dan program kerjanya,“ ujarnya, Selasa (7/3/2022).


Janji itu diutarakan Surunuddin saat membuka tujuh paket pelatihan berbasis kompetensi non boarding tahap I di Balai Latihan Kerja (BLK) Konsel. Langkah ini sebagai bukti pihaknya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh BLK Konsel.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu atas peran dan dukungannya yang telah membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat Konsel melalui bantuan pelatihan di BLK Konsel,” ucap Surunuddin.

Ia memaparkan sejumlah tantangan yang dihadapi dalam memajukan sebuah daerah, di antaranya pentingnya menciptakan masyarakat yang terampil dan memiliki kompetensi.

Baca Juga: BLK Berganti Nama Jadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas

“Membuat masyarakat terampil merupakan hal yang kami tekankan, karena dengan itu masyarakat dapat mengelola bantuan yang kami berikan dengan baik. Kalau tidak begitu, bantuan pemerintah bisa tidak berguna, makanya syarat tambahan untuk penerima bantuan adalah mesti pernah menerima pelatihan,” jelasnya.

Mengenai kegiatan itu, Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu berharap, peserta bisa maksimal dalam mengikutinya. Agar kelak dengan keterampilan yang dimiliki mampu menciptakan lapangan kerja, atau masuk ke dunia usaha dan industri.

Ia menjelaskan, BPVP Kendari sebagai pembina BLK UPTD se-Sultra mendukung perkembangan BLK UPTD yang ada di daerah. Bentuk dukungannya tidak hanya paket pelatihan, namun juga termasuk bantuan fasilitas berupa alat-alat praktek.

Baca Juga: BLK Kendari Buka Kembali Pelatihan Kerja Gratis

“Sebisa mungkin kami melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah untuk bagaimana bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam memajukan kualitas masyarakat,“ ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala BLK Konsel Muhammad Irto Taridala memaparkan, di pelatihan ini pada tahap I sebanyak tujuh paket yaitu Bisnis Manajemen (Bisman), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Garmen Apparel (Menjahit dasar), Surveyor, Auto Cad, Prossesing, Las Listrik.

“Ketujuh paket ini merupakan paket pelatihan yang sumber dananya berasal dari APBN yang melekat di DIPA BLK Kendari,“ ujarnya. (A)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga