Surunuddin-Rasyid Kembali Nahkodai Konawe Selatan

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Senin, 22 Maret 2021
0 dilihat
Surunuddin-Rasyid Kembali Nahkodai Konawe Selatan
Surunuddin dangga (baju batik) setelah pleno penetapan KPU Konsel. Foto: Andi Sulthan/Telisik

" Hari ini kita kembali kepada kehidupan semula dengan menjaga kebersamaan dan ketertiban bermasyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA) kembali nahkodai Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pasca penetapan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel, Senin (22/03/21).

KPU Konsel menetapkan Paslon SUARA sebagai pemenang dalam pilkada Konsel melalui sidang Pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Konsel hasil pemilihan tahun 2020, yang termaktub dalam Keputusan KPU Konsel Nomor 16. PL.02.7-Kpt/7405/KPU-Kab/III/2021 dan dituangkan dalam berita acara KPU Nomor 13/PL.02.7-BA/7405/KPU-Kab/III/2021.

"Hari ini telah kita plenokan paslon SUARA sebagai Bupati dan Wabup terpilih Konsel. Tentu ini berdasarkan ketentuan perundang-undangan, bahwa 5 hari maksimal setelah menerima putusan resmi dari MK," ujar Ketua KPU Konsel, Aliudin saat memimpin rapat pleno penetapan paslon terpilih.

Olehnya itu, Komisioner KPU Konsel berserta jajaran melaksanakan rapat pleno terbuka untuk menetapkan paslon terpilih dan dianggap sah sesuai perundangan-undangan yang berlaku.

"Jadi pemilik 75.985 suara atau 44,68 persen dari total suara sah, yakni saudara Surunuddin Dangga dan Rasyid dinyatakan sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih. Hari ini pukul 16.20 Wita dinyatakan sah dan ditetapkan," pungkas Aliudin menutup rapat pleno terbuka.

Sementara itu, Pj Bupati Konsel Andi Tenri mengimbau agar seluruh masyarakat legowo menerima hasil pemilihan dan menghindari perbedaan antara pendukung.

"Hari ini kita kembali kepada kehidupan semula dengan menjaga kebersamaan dan ketertiban bermasyarakat," ungkapnya dalam sambutan.

Dalam akhir sambutannya, Pj Bupati Andi Tenri memberikan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Semoga amanah dalam menjalankan tugas demi terwujudnya Konsel yang bermartabat, yang masyarakatnya sejahtera," tutupnya.

Baca Juga: Jalin Silaturahmi dengan Kadis Dikbud Sultra, Telisik.id Junjung Tinggi Profesionalitas

Sementara itu, Paslon SUARA menyampaikan terimakasih kepada partai pengusung, simpatisan dan semua pihak yang berpartisipasi, khususnya pihak penyelenggara serta kepolisian atas perhelatan pesta demokrasi dengan aman, lancar dan sukses.

Lebih lanjut Surunuddin mengatakan, dengan amanah yang diemban ini akan dijaga sebaik-baiknya, ia juga meminta agar seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program kerjanya. Menghilangkan perbedaan di tengah masyarakat karena beda pilihan dan bersama-sama bersatu membangun Konsel yang lebih maju.

"Hilangkan sekat-sekat dalam bermasyarakat karena perbedaan, pilkada telah usai, jadi mari bersama berbuat yang terbaik dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat Konawe Selatan," tandas Surunuddin.

Untuk diketahui, pada tahapan berikutnya KPU akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan paslon terpilih ke DPRD Konsel, yang selanjutnya diteruskan ke Mendagri melalui Gubernur Sultra untuk melantik Paslon berakronim SUARA JILIDĀ II tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan turut dihadiri Pj Bupati Konsel Hj Andi Tenri Rawe Silondae, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Sekda H Sjarif Sajang, Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, BAWASLU, Unsur Forkopimda, Ketua Partai penggusung serta perwakilan paslon lain. (B)

Repoter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga