adplus-dvertising

Surya Paloh Umumkan Tiga Nama Capres Pilihan Rakernas NasDem

Marwan Azis, telisik indonesia
Sabtu, 18 Juni 2022
452 dilihat
Surya Paloh Umumkan Tiga Nama Capres Pilihan Rakernas NasDem
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh ketika menyampaikan pidato dalam Rakernas Partai Nasdem di JCC Jakarta. Foto: Marwan Azis/Telisik

" Ketiga nama itu merupakan hasil Rakernas Partai NasDem yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 hingga 17 Juni 2022 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh tadi malam mengumumkan tiga nama calon presiden (capres) yang berpotensi diusung pada pilpres 2024 mendatang.

"Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo," ucap Surya Paloh di hadapan para keder NasDem yang menghadiri Rakernas Partai Nasdem di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Ketiga nama itu merupakan hasil Rakernas Partai NasDem yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 hingga 17 Juni 2022.


Berdasarkan informasi berhasil dihimpun, Ganjar meski memperoleh usulan terbanyak kedua dari perwakilan DPW setelah Anies, namun berdasarkan hasil musyawarah pimpinan Partai NasDem, namanya berada di urutan ketiga di bawah Andika.

Berdasarkan usulan para kader di hari kedua rakernas, Anies Baswedan diusulkan paling banyak oleh kader NasDem sebanyak 32 DPW. Hanya DPW Papua Barat dan Kalimantan Timur yang tidak mengusulkan nama Anies.

Baca Juga: NasDem Sulawesi Tenggara Usulkan Anies hingga Syahrul Limpo di Pilpres 2024, Tak Ada Prabowo

Sedangkan Ganjar diusulkan oleh 29 DPW. Disusul Erick Thohir urutan ketiga dengan diusulkan 16 DPW. Andika berada di urutan keempat bersama Rachmat Gobel yang didukung 13 DPW. Namun berdasarkan hasil musyawarah pimpinan Partai NasDem disepakati mengurucut  tiga nama yaitu Anies, Andika dan Ganjar yang berpotensi diusung NasDem pada Pilpres mendatang.

Nantinya dari ketiga nama, Surya Paloh akan memilih satu nama yang bakal diusung sebagai capres pada pilpres mendatang.

"Bagi kita tidak ada satu pun hal yang amat membuat kita terdesak. Karena apa, saya nyatakan apapun keputusan kita, kita ingin mencalonkan yang terbaik untuk kepentingan bangsa ini," tuturnya.

Pasca merekomendasikan tiga nama tersebut, Pimpinan Nasdem akan melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk menjajaki koalisi agar bisa mwngusung capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Baca Juga: OSO Tegaskan Pergantian Ketua DPRD Muna Final

Mengingat Partai NasDem hanya mengantongi 9 persen suara parlemen dari syarat 20 persen untuk mengusung capres, sehingga NasDem membutuhkan koalisi dengan partai lainnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, M.A., Ph.D menilai rekomendasi 3 nama calon capres yang bakal diusung NasDem sudah tepat, dan memungkin Partai NasDem menjajaki koalisi dengan partai lainnya.

"Karena kalau hanya menyebut satu nama, itu akan menyulitkan Partai NasDem sendiri dalam menjajaki koalisi dengan partai lainnya, nah besar kemungkinan akan ditolak oleh partai lainnya yang kemungkinan juga punya calon yang bakal diusung. Sehingga sudah tepat Pak Surya mengumunkan tiga nama, dari tiga nama itu akan dikomunikasikan dengan partai lainnya untuk diusung pada pilpres mendatang," tandasnya. (B)

Penulis: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga