Seychelles Lirik Potensi Kelautan dan Pariwisata Kota Baubau

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Seychelles Lirik Potensi Kelautan dan Pariwisata Kota Baubau
Salah satu potensi bidang kelautan dan pariwisata Kota Baubau. Foto: Ist.

" Kedua belah pihak telah membahas rencana kerja sama itu dalam Forum Investasi dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Kota Kendari "

BAUBAU, TELISIK.ID - Republik Seychelles, salah satu negara yang terletak di Benua Afrika, menjajaki peluang kerja sama di sektor kelautan dan pariwisata dengan Pemerintah Kota Baubau.

Kedua belah pihak telah membahas rencana itu dalam Forum Investasi dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Kota Kendari, Selasa (8/2/2022).

Pelaksana Tugas Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan bahwa pihaknya telah  ditawari kerja sama dari Duta Besar (Dubes) Seychelles, Nico Barito.

“Duta Besar negara Sheychelles, Niko Barito mengundang untuk datang ke Jakarta. Ada dua sektor yang akan  dibicarakan lebih lanjut yaitu kelautan dan pariwisata,” tutur Laode Ahmad Monianse.

Republik Seychelles rupanya memiliki akses transportasi udara langsung dari Manado Sulawesi Utara (Sulut), untuk mengangkut komoditi kelautan Indonesia.

"Dubes Nico Barito juga menyatakan siap menghubungkan Pemkot Baubau dengan investor dan jaringan pengusaha komoditi rumput laut di Seychelles," katanya.

Ahmad Monianse menambahkan, ada penerbangan dari Manado langsung ke Seychelles untuk mengangkut rumput laut dan hasil kelautan lainnya yang diambil dari Indonesia Timur.

Baca Juga: Polres Wakatobi Mulai Vaksin Booster ke Personelnya

Untuk itu kata Laode Monianse, mereka sangat berharap pesawat bisa mengantar komoditi itu dari Bandara Betoambari Baubau ke Manado.

Selanjutnya, Pemkot Baubau siap menindaklanjuti hasil perbincangan dengan Nico Barito tersebut dengan langkah awal, akan melakukan survei tentang jumlah produksi ril rumput laut di Kota Baubau.

"Setelah survei itu disusun dalam bentuk dokumen, baru dibicarakan dengan mereka. Yang jelas kita sudah dapat jaringan, sehingga sudah bisa mengajak para petani rumput laut di Kota Baubau untuk membudidayakan,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Konsel Jual Investasi di HPN

Seychelles juga menjajaki kerja sama pengembangan infrastruktur pariwisata di Kota Baubau, dikarenakan Republik Seychelles juga adalah negara kepulauan.

"Seychelles memiliki sekitar 114 pulau kecil, punya infrastruktur jasa di perkotaan. Kalau komunikasi ini bisa terealisasi, maka masyarakat Baubau akan merasakan manfaatnya," katanya. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga