adplus-dvertising

Tahan Imbang Vietnam, Timnas Indonesia Sukses Terapkan Strategi Bertahan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 16 Desember 2021
592 dilihat
Tahan Imbang Vietnam, Timnas Indonesia Sukses Terapkan Strategi Bertahan
Skuad Timnas Indonesia saat membendung serangan Vietnam. Foto: Repro Piala AFF

" Timnas Indonesia berhasil menahan Vietnam berbagi poin dengan skor 0-0 pada laga Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021) "

SINGAPURA, TELISIK.ID - Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menahan Vietnam berbagi poin dengan skor 0-0 pada laga Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021).

Sepanjang pertandingan Skuad Garuda mampu membendung gempuran dari para pemain The Golden Star Warriors hinga wasit meniup peluit panjang.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong mengaku memang sengaja menerapkan strategi bertahan.


Hal tersebut terbukti sukses menahan imbang Vietnam tanpa gol hingga akhir babak kedua.

"Karena pemain (Vietnam) nomor 19 dan 10 sangat baik dalam pergerakan, jadi sengaja menggunakan formasi tiga bek," kata Shin dikutip dari Antara, Rabu (16/12/2021) malam.

Dua pemain Vietnam yang dimaksud Shin adalah pemain nomor punggung 10 Nguyen Chong Phuong dan nomor 19 Nguyen Quang Hai.

Oleh karena itu, Shin memilih membuat formasi bertahan dengan tiga bek tengah, yakni Alfeandra Dewangga, Fachruddin Ariyanto, dan Rizky Ridho, diperkuat dua bek sayap Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Pelatih Timnas Indonesia Siapkan Kejutan saat Hadapi Vietnam, Apa Itu?

Terbukti, strategi yang diterapkan pelatih asal Korea Selatan itu membuat serangan para pemain Vietnam terpatahkan meski berkali-kali mencoba menembus pertahanan Garuda.

Bahkan, bek Timnas Indonesia Alfeandra Dewangga terpilih menjadi "man of the match" pada laga tersebut.

Dengan hasil imbang tersebut, Indonesia dan Vietnam sama-sama menambah satu poin dengan total tujuh poin, namun Indonesia masih memuncaki klasemen Piala AFF 2020 Piala Grup B karena unggul selisih gol.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Saat Egy Gabung Skuad, Timnas Indonesia Bisa Tambah Kuat

Mengutip kompas.com, Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Malaysia di Stadion Nasional, Kallang, Singapura pada Minggu (19/12/2021) pekan ini. Laga ini yang akan menentukan nasib Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga