Tahapan Pilkades Serentak di Butur Februari 2022, Nominal Anggaran Belum Dipastikan

Aris, telisik indonesia
Rabu, 26 Januari 2022
0 dilihat
Tahapan Pilkades Serentak di Butur Februari 2022, Nominal Anggaran Belum Dipastikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara, Mohammad Amaluddin Mokhram saat ditemui di ruang kerjanya. Foto: Aris/Telisik

" Diperkirakan tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Buton Utara (Butur) akan dimulai Februari 2022 "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Diperkirakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton Utara (Butur) akan dimulai Februari 2022.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Butur, Mohammad Amaluddin Mokhram saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/1/2022).

"Kita perkirakan (tahapan Pilkades) kemungkinan bulan dua," ujarnya.

Amaluddin menjelaskan, akan berkonsultasi terlebih dahulu kepada Bupati mengenai hari pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Butur.

Dia mengungkapkan, Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkada Serentak sudah siap.

"Jadi sudah kembali dari hasil konsultasi di Kendari," ungkapnya.

Baca Juga: Masyarakat Sidoarjo Ikrar Dukung Muhaimin Iskandar Capres 2024

Amaluddin menerangkan, konsultasi Perbup yang dilakukan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal ini biro hukum, jika tidak ada jawaban dari pihak Pemprov selama dua minggu, maka Perbup yang dikonsultasikan itu dinyatakan berlaku.

"Jadi silahkan kita lanjut dengan proses pengesahan Perbup dilembar daerahkan, kemudian diberlakukan," tambah dia.

Kata dia, Perbup ini harus disosialisasikan terlebih dulu, kemudian dilaksanakan.

Selain itu, Amaluddin juga mengatakan, penetapan tanggal akan ditetapkan oleh Bupati. Bupati akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk penetapan tanggal Pikades serentak di Kabupaten Butur.

Baca Juga: Tatap Pemilu 2024, NasDem Belum Siapkan Calon Pengganti Ali Mazi di Pilgub Sultra

"Kemudian jadwal itu akan menyesuaikan, tarik mundur ke belakang," tambahnya.

Sementara itu, Amaluddin tidak menyebutkan nominal anggaran Pilkades serentak yang berlangsung di Kabupaten Butur nantinya. Kata dia, Pilkades serentak ini, anggarannya ada yang berbentuk program yang khusus untuk Pilkades tetapi ada juga program yang mendukung hal itu.

"Jadi kalau untuk jumlahnya saya tidak bisa pastikan karena ada program yang lain yang bisa masuk ke dalam pelaksanaan itu. Jadi anggarannya itu saling integral yang bisa mendukung, yang jelas semuanya itu di DPMD yang kita upayakan bisa memenuhi kebutuhan Pilkades serentak ini," katanya. (C)

Reporter: Aris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga