Tahun 2020, Puluhan Kapal Penumpang Beroperasi di Laut Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 20 Oktober 2020
0 dilihat
Tahun 2020, Puluhan Kapal Penumpang Beroperasi di Laut Bombana
KMP Feri Madidihang Berlabuh di Dermaga Pelabuhan Kasipute, Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Tiap hari selalu ada kapal penumpang yang operasi, kecuali kondisi alam yang tidak mendukung baru terjadi kekosongan. "

BOMBANA, TELISIK.ID – Pada bulan Oktober 2020, Dinas Perhubungan Bombana merilis data transportasi laut jenis angkutan umum yang beroperasi di Perairan Bombana.

Saat ini, tercatat 21 armada laut yang menghubungkan antar pulau dan kabupaten di Sulawesi Tenggara.

Kepada Telisik.id, Kepala Dinas Perhubungan Bombana, Ramsi Rafiu mengungkapkan bahwa transportasi laut untuk Bombana mengalami peningkatan, buktinya tidak lagi terjadi kekosongan pelayaran untuk penumpang.

“Tiap hari selalu ada kapal penumpang yang operasi, kecuali kondisi alam yang tidak mendukung baru terjadi kekosongan,” ucap Ramsi.

Baca juga: Proses Pemilihan Wabub Busel Diparipurnakan Hari Ini

Berdasarkan data yang diterima dari Kepala Bidang Transportasi dan Angkutan, Anton menyebutkan bahwa 7 armada reguler milik warga melayani angkutan penumpang rute Kasipute-Kabaena (Sikeli) atau sebaliknya.

"Untuk rute Kasipute-Sikeli (Kabaena) tiap hari," sebutnya.

"Sementara yang melayani Rute Bombana-Pajala hanya tiga unit. Dan pelayarannya berubah-ubah," lanjut Anton.

Selain itu, Hingga saat ini terdapat dua armada kapal dari ASDP jenis feri, Yakni KMP Bontoharu yang melayani angkutan rute Kabaena-Kasipute-Bira dan Tondasi serta KMP Madidihang dengan rute Baubau, Dongkala (Kabaena) dan Kasipute setiap hari Minggu, Selasa dan Kamis. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga