Tak Dilirik Pemerintah, Warga Sulap Sungai Wanggu jadi Spot Wisata

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 02 Januari 2023
0 dilihat
Tak Dilirik Pemerintah, Warga Sulap Sungai Wanggu jadi Spot Wisata
Sungai Wanggu akan dijadikan objek wisata oleh masyarakat setempat. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Meski tak dilirik pemerintah, namun tak lama lagi Sungai Wanggu akan disulap menjadi objek wisata dengan diselenggarakannya Festival Sungai Wanggu 2023 Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski tak dilirik pemerintah, namun tak lama lagi Sungai Wanggu akan disulap menjadi objek wisata dengan diselenggarakannya Festival Sungai Wanggu 2023 Kota Kendari.

Melihat potensi yang dimiliki Sungai Wanggu bukan tidak mungkin akan menjadi salah satu tujuan wisata baru yang ada di Kota Kendari, hal itu dikembangkan sendiri oleh masyarakat sekitar sungai.

Terlebih, sudah dicanangkan dalam waktu dekat ini akan berlangsung Festifal Sungai Wanggu 2023 yang bakal digelar di Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu.

Baca Juga:  Penumpang Kapal di Kendari Didominasi Arus Kedatangan Dibanding Mudik saat Nataru

Ketua RT 10/RW 03, Mursalin mengaku, sangat disayangkan jika Sungai Wanggu dibiarkan begitu saja, banyak potensi yang bisa diangkat dari sungai tersebut.

"Tanpa perlu pemerintah turun langsung, kami dan masyarakat berupaya mengembangkan sendiri potensi wilayah kami, Seperti Jembatan Gantung yang akan menghubungkan pejalan kaki ke pasar panjang, Flying Fox dan wisata perahu," kata Mursalin.

Atas pengembangan potensi Sungai Wanggu tersebut, mendapat sorotan Ketua Karang Taruna Sapu Bersih, Awaludin yang mengaku bakal memgerahkan warga Kelurahan Lalolara untuk membantu kegiatan dimaksud.

"Tentunya untuk menggalang dukungan masyarakat dalam mengembangkan potensi Sungai Wanggu agar cepat diketahui publik supaya makin ramai," terang Awaludin.  

Antusias masyarakat dan pemuda sudah mulai ditunjukan dengan adanya pertemuan silahturahmi penyambutan tahun baru 2023 untuk membahas persoalan tersebut.

Baca Juga:  Birokrasi Muna Harus Fokus pada Visi Misi

Tidak hanya sampai di situ, bahkan para pemuda sudah mulai membangun sejumlah gazebo pada pinggiran Sungai Wanggu.

Salah satu pemuda, Muh Idul (20) mengungkapkan antusiasnya yang sudah beberapa hari mengumpulkan bahan untuk pembuatan gazebo.

"Kita sudah kumpulkan bambu untuk buat gazebo supaya tidak kepanasan kalau ada yang datang," ungkap Muh Idul. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga