Tak Hanya Menawan, Wisata Pantai Katembe Buteng Punya Cerita Legenda Putri Duyung

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juli 2021
0 dilihat
Tak Hanya Menawan, Wisata Pantai Katembe Buteng Punya Cerita Legenda Putri Duyung
Pantai Katembe. Foto: Mutarfin/Telisik

" Pantai Katembe memiliki cerita legenda Wandiu-Ndiu, atau seorang ibu yang berubah menjadi putri duyung dan meninggalkan anak-anaknya "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah dikenal menjadi destinasi wisata unggulan bagi para pecinta wisata.

Dari berbagai macam destinasi wisata, ada juga yang cerita rakyat didalamnya, seperti Pantai Katembe dengan legenda putri duyung yang mendiaminya.

Menurut salah seorang pengunjung Pantai Katembe, Izala, bahwa ia pernah mendengar cerita legenda dari warga setempat saat berkunjung ke destinasi tersebut.

Kata dia, Pantai Katembe memiliki cerita legenda Wandiu-Ndiu, atau seorang ibu yang berubah menjadi putri duyung dan meninggalkan anak-anaknya.

“Pantai ini penuh dengan cerita legenda yang sudah terkenal, salah satunya cerita Wandiu-Ndiu itu," paparnya.

Pantai Katembe. Foto: Mutarfin/Telisik

 

Untuk diketahui, apabila masyarakat sering mendengar dongeng Wandiu-Ndiu maka itu berasal dari tanah Buton, tepatnya Pantai Katembelah (Pantai Katembe).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Wujuddin menjelaskan, saat ini pihaknya bersama Pemda Buteng telah melakukan berbagai pemgembangan di liding sektor wisata.

"Dari awal pak bupati Buteng dalam visi misinya telah menjadikan pariwisata sebagai liding sektor bersama pertanian dan perikanan," jelasnya, Sabtu (24/7/2021).

Kata dia, hal tersebut dengan dibangunya akses-akses menuju tempat wisata seperti jalan dan sarana pendukung lain yakni, kazebo dan di Pantai Katembe ini sudah ada pembenahan langsung dari Pemda Buteng.

Pantai Katembe. Foto: Mutarfin/Telisik

 

Dari pantauan tim Telisik.id, Pantai Katembe memiliki keindahan yang dapat memanjakan pengunjung yaitu, tersaji pantai dengan hamparan pasir putih dan samudera biru.

Baca Juga: Eksotisme Pantai Palahidu, Perpaduan Sejarah dan Keindahan Alam Pulau Binongko

Baca Juga: Ini 7 Spot Diving Recommended di Pulau Tomia, Wakatobi

Pemandangan khas bahari tersebut dijamin bikin pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di objek wisata satu ini.

Selain itu, keunikan lain di Pantai Ketembe, yakni hanya 30 meter jaraknya dari bibir pantai terdapat sebuah sumur air tawar.

Pantai Katembe. Foto: Mutarfin/Telisik

 

Meski berada dekat sekali dengan pantai, namun air di sumur itu tidak terkontaminasi dengan garam. Bahkan air sumur itu dijadikan tempat pengambilan air minum bagi masyarakat setempat.

Letak Pantai Katembe ini terletak di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga