Tak Tergerus Zaman, Yamaha Rx King Masih Diincar di Kendari dengan Harga Selangit

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 14 Januari 2023
0 dilihat
Tak Tergerus Zaman, Yamaha Rx King Masih Diincar di Kendari dengan Harga Selangit
Momen konvoi kopdar kebangsaan Rx King untuk indonesia di Kota Kendari, yang dikawal langsung Kapilres, Kombes Pol Eka Faturrahman pada 12 November 2022 lalu. Foto: Ist.

" Tidak lekang oleh waktu, Yamaha Rx King tetap digandrungi para pecinta motor jadul, mulai dari kalangan muda hingga tua di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak lekang oleh waktu, Yamaha Rx King tetap digandrungi para pecinta motor jadul, mulai dari kalangan muda hingga tua di Kota Kendari.

Motor yang berjuluk Raja Jalanan itu sempat menempatkan posisinya sebagai motor idaman para lelaki yang cukup populer di era 90-an, bahkan masih banyak diminati hingga kini.

Perjalanan motor tersebut sangat panjang sampai akhirnya orang mengenal nama Rx King, awal mulanya ada beberapa generasi sepeda motor yang menjadi cikal bakal Rx King di masa sekarang.

Generasi pertama lahir pada tahun 1977 dengan nama Yamaha Rx 100. Motor inilah yang bisa dibilang sebagai nenek moyangnya Rx King yang ada sekarang.

Baca Juga: Hati-Hati Modus Penipuan Terbaru Atasnamakan Telkomsel

Maka lahirlah generasi-generasi berikutnya, mulai dari Rx 125 pada tahun 1979, Rx K tahun 1980, Rx S tahun 1981, Rx Special dan Rx King Cobra tahun 1983, Rx Z tahun 1985, Rx R tahun 1988, Rx King Master tahun 1996, dan New Rx King tahun 2002 hingga disuntik mati masa produksinya tahun 2008 di tanah air karena peraturan emisi gas buang dari Pemerintah.

Sementara untuk peminat motor Rx King yang ada di Kota Kendari cukup banyak dijumpai, mulai dari kolektor motor antik hingga komunitas pecinta Rx King.

"Motor Rx King  tidak akan pernah ketinggalan zaman karena punya tempat tersendiri bagi pecinta motor dua tak " ujar seorang pecinta Yamaha Rx King, Yusran (27), Sabtu (14/1/2023).

Yamaha Rx King memiliki nilai jual yang tidak akan anjlok ditengah gempuran motor matic, motor bebek hingga sport bike pada era modern saat ini.

Seorang kolektor Yamaha Rx King di Kota Kendari, Wahyu (56) mengatakan, harga sepeda motor tersebut bisa tembus harga hingga Rp 70 juta jika surat-surat kendaraan lengkap serta suku cadang masih asli bawaan pabrik.

"Kalau motor ini lengkap surat-suratnya, pajaknya hidup dan Suku cadang asli bawaan pabrik harganya bisa tembus empat puluh jutaan". ujar Wahyu (56).

Baca Juga: Perselisihan Industri di Kendari Tahun 2022 Capai 37 Kasus

"Makin tua umur dari Yamaha Rx King dengan kondisi mesin dan kelistrikan masih aktif, nilai jualnya bisa selangit," tambahnya

Saking digandrunginya Rx King, bahkan pemilik motor yang telah menggunakanya hingga puluhan tahun enggan melepas atau menjualnya dengan harga berapapun.

"Bukan soal harga tapi sejarahnya motor ini, dari tahun 90-an sampai saat ini terus menemani saya," ujar pemilik motor Rx King, Subakri (65).

Tak hanya sampai disitu, bahkan Kapolres Kendari Kombes Pol Eka Faturrahman juga nampaknya menggemari motor Yamaha Rx King dengan nopol DT 9797 EK berwarna biru. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga