Target PAD Sampah Rp 1 Miliar, Realisasi Baru Rp 70 Juta

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juli 2021
0 dilihat
Target PAD Sampah Rp 1 Miliar, Realisasi Baru Rp 70 Juta
Tumpukan sampah. Foto: Ist.

" Untuk mencapai target itu, nampaknya agak sulit. Tahun lalu saja, dari target Rp 100 juta, yang dicapai hanya kurang lebih Rp 90 juta "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, terus menaikan terget pendapatan asli daerah (PAD) di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) misalnya, tahun lalu (2020) target retribusi persampahan mencapai Rp 100 juta. Tahun ini kemudian naik beberapa kali lipat hingga Rp 1 miliar.

Untuk mencapai target itu, nampaknya agak sulit. Tahun lalu saja, dari target Rp 100 juta, yang dicapai hanya kurang lebih Rp 90 juta.

"Target Rp 1 miliar, agak sulit tercapai. Tahun ini hingga sekarang, baru sekitar Rp 70 juta yang terkumpul," kata Kepala DLH Muna, LM Syukur Akbar, Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga: Warga Muna Barat Boleh Salat Idul Adha di Masjid dan Lapangan, Tapi...

Baca Juga: Pansel Tetapkan 3 Besar Hasil Seleksi Sekda Butur

Retribusi sampah itu ditarik pada masyarakat, pertokoan, lapak dan hotel. Besarannya bervariasi antara Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu setiap bulannya.

"Juru tagihnya di masing-masing kelurahan," sebutnya.  

Syukur mengaku, jumlah produksi sampah setiap hari sangat besar yang mencapai 56 kubik. Sampah-sampah itu diangkut setiap hari (kecuali hari Minggu libur) dan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Motewe. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga