Tarik Minat Wisatawan, Pj Bupati Kolaka Utara Bakal Revitalisasi Objek Wisata Kampung Kuliner

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 29 September 2024
0 dilihat
Tarik Minat Wisatawan, Pj Bupati Kolaka Utara Bakal Revitalisasi Objek Wisata Kampung Kuliner
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Yusmin, bersama Sekda Taufik S meninjau objek wisata Kampung Kuliner By Pass Lasusua. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Melihat kondisi Kampung Kuliner kumuh dan terbengkalai, Pj Bupati Kolaka Utara berencana merevitalisasi kembali objek wisata tersebut dengan cara menebar benih ikan guna menarik minat wisatawan lokal "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Usai dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Yusmin bergerak cepat mengidentifikasi beberapa potensi daerah khususnya di wilayah Ibu Kota Lasusua yang dianggap mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan memberikan nilai tambah bagi sektor ekonomi lokal.

Salah satunya, mengunjungi objek wisata kampung kuliner dan arena dayung yang terletak di jalur By Pass Lasusua, serta objek wisata pasir putih di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua.

Melihat kondisi Kampung Kuliner kumuh dan terbengkalai, Pj Bupati Kolaka Utara berencana merevitalisasi kembali objek wisata tersebut dengan cara menebar benih ikan guna menarik minat wisatawan lokal serta memberikan nilai tambah bagi sektor ekonomi lokal.

Menurutnya, Kampung Kuliner dan Arena Dayung memiliki potensi besar. Namun, sayang belum dimanfaatkan dengan baik.

"Rencananya, dalam waktu dekat kita akan menebar benih ikan di area ini guna menarik minat masyarakat dan wisatawan, serta memberikan nilai tambah bagi sektor ekonomi lokal,” kata Yusmin.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara Kembalikan Biaya Tes Kesehatan Calon Anggota KPPS

Yusmin berharap revitalisasi Kampung Kuliner dapat memberikan dampak positif tidak hanya pengembangan sektor pariwisata, tetapi juga sektor ekonomi masyarakat sekitar.

Selain Kampung Kuliner, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara ini menyatakan, pentingnya pengelolaan dan pengembangan fasilitas pariwisata yang lebih baik untuk objek wisata Pasir Putih Pantai Berova agar dapat menarik lebih banyak wisatawan.

“Lasusua memiliki potensi wisata yang luar biasa, mulai dari pantai hingga pegunungan. Ini aset yang harus kita kelola baik untuk meningkatkan PAD kita,” ujarnya.

Sebab itu, lanjut Yusmin, sinergi antar-OPD serta dukungan masyarakat dalam menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan wisatawan sangatlah penting.

"Kolaborasi ini akan membantu memaksimalkan potensi wisata dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara yang Baru Diminta Jaga Netralitas Jelang Pilkada

Langkah cepat yang dilakukan alumni Pendidikan Fisika, Universitas Haluoleo ini di masa awal jabatannya menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan waktu seefektif mungkin demi kemajuan Kolaka Utara.

“Kami akan memprioritaskan program-program yang berdampak langsung pada peningkatan PAD, salah satunya pengembangan sektor pariwisata khususnya infrastruktur penunjang,” pungkasnya.

Diketahui, Pj Bupati Kolaka Utara Yusmin, mengunjungi beberapa objek wisata bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Taufik S. dan beberapa Kepala Organisasi Prangkat Daerah (OPD), Sabtu (21/9/2024). (C-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga