Tekan Stunting, Pj Bupati Buton Luncurkan Susu Gratis Bagi Ibu Hamil

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
Tekan Stunting, Pj Bupati Buton Luncurkan Susu Gratis Bagi Ibu Hamil
Penjabat (Pj) Bupati Buton, La Ode Mustari meluncurkan susu gratis bagi ibu hamil dalam upaya percepatan penurunan angka stunting. Foto: Febriyani/Telisik

" (Pj) Bupati Buton, La Ode Mustari meluncurkan program susu gratis bagi ibu hamil, dalam rangkah percepatan penurunan angka stunting "

BUTON, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Buton, La Ode Mustari meluncurkan program susu gratis bagi ibu hamil, dalam rangkah percepatan penurunan angka stunting, Rabu (28/2/2024).

Peluncuran program tersebut dilakukan pada rapat koordinasi percepatan penurunan angka stunting, di Desa Bungi, Kecamatan Pasarwajo, Buton.

Selain susu gratis, La Ode Mustari telah membagikan susu dan telur sebagai protein hewani bagi anak - anak di lingkup wilayah Kabupaten Buton.

Baca Juga: Stok Beras di Buton Aman hingga Lebaran

Pada kesempatan tersebut, La Ode Mustari mengatakan, stunting ini masih menjadi masalah serius bangsa ini, sehingga butuh perhatian khusus dari pemerintah.

Ketua TP PKK Kabupaten Buton, Andi Asniwati Mustari saat membagikan susu gratis kepada ibu hamil di Desa Bungi Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton. Foto: Ist.

 

Dengan program susu gratis bagi ibu hamil ini diharapkan dalam menggenjot penurunan angka stunting, khususnya di wilayah Kabupaten Buton.

"Kita luncurkan susu gratis bagi ibu hamil sebagai nutrisi tambahan, karena ibu hamil saat ini masih banyak yang kena stunting, dan kalau dibiarkan anaknya yang lahir itu akan stunting juga," ungkap La Ode Mustari.

Orang nomor satu di Bumi Penghasil Aspal ini menyebut, sebelum diketahui stunting nenek moyang di Buton ini telah punya cara tersendiri dalam mencegah stunting.

Banyak tradisi di Buton yang dipercaya sebagai anti kekebalan tubuh, yang dapat membuat anak kuat, terhindar dari penyakit, dan cerdas.

Sekretaris Daerah ( Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin saat membagikan susu gratis kepada ibu hamil di Desa Bungi Kecamatan Wolowa. Foto: Ist.

 

"Tradisi Dole-dole, Posipo, ada juga Piangko, itu merupakan tradisi nenek moyang kita, orang tua kita dulu - dulu dalam mencegah stunting, jadi anak itu aka tumbuh kuat dan cerdas," jelasnya.

Baca Juga: Kadis Ketahanan Pangan Buton Sentil Pedagang Mainkan Harga Beras SPHP

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin  mengatakan bahwa stunting ini berbeda dengan gizi buruk. Stunting dicegah seribu hari prakehidupan.

"Gizi buruk itu, kita tinggal kontrol asupan protein, makanan yang ia konsumsi. Lengkapi asupan nutrisinya, tetapi kalau stunting kita harus cegah di seribu hari prakehidupan," tandasnya.

Ia juga meminta kepada seluruh OPD terkait untuk bersinergi sama - sama dalam percepatan penurunan angkat stunting. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga