Tenun Ikat Sikka NTT dan Sekomandi Sulawesi Barat Diminati Pengunjung Pameran IG di Jenewa

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 11 Juli 2024
0 dilihat
Tenun Ikat Sikka NTT dan Sekomandi Sulawesi Barat Diminati Pengunjung Pameran IG di Jenewa
Tenun Ikat Sikka dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sekomandi dari Sulawesi Barat menarik perhatian pengunjung pada pameran produk indikasi geografis. Foto: Ist.

" Tenun Ikat Sikka dari NTT dan Sekomandi dari Sulawesi Barat menarik perhatian pengunjung pameran produk Indikasi Geografis (IG) yang diselenggarakan pada Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa, Swiss "

JENEWA, TELISIK.ID - Pameran produk Indikasi Geografis (IG) yang diselenggarakan pada Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa, Swiss, telah memasuki hari kedua.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan kekayaan budaya dan kearifan lokal khas Nusantara di kancah internasional.

Pameran yang diselenggarakan pada Rabu (10/7/2024) ini mengusung tema Art and Handicraft "Unveiling the Treasures of Indonesia Handicrafts". Pada tema tersebut menampilkan 25 produk kerajinan tangan dari berbagai wilayah di Indonesia seperti kain tenun, kerajinan perak, dan kain batik.

Tenun Ikat Sikka dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sekomandi dari Sulawesi Barat menarik perhatian sejumlah pengunjung pameran ini.

Kelebihan dari Tenun Ikat Sikka yaitu terdapat pada motif yang mengandung pesan moral turun-temurun dan dibuat menggunakan alat-alat tradisional.

Sementara itu Sekomandi memiliki keunikan dari bahan kain yang terbuat dari kulit kayu yang ditumbuk kemudian diolah untuk dipintal. Kain Sekomandi juga memiliki corak dan warna benang yang mengandung makna spiritual.

Baca Juga: 135 Produk Indikasi Geografis Indonesia Diperkenalkan di Sidang Majelis Umum ke-65 WIPO

Salah satu pengunjung pameran Mirea dari Meksiko memberikan tanggapan positif terhadap produk kerajinan tangan khas Indonesia. Menurutnya pameran ini memberikan pengalaman yang menyenangkan.

"Sangat menyenangkan bisa melihat produk kerajinan tangan Indonesia yang unik dan cantik sehingga saya ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai budaya yang ada di Indonesia," jelas Mirea.

Salah satu pengunjung Mirea dari Meksiko memberikan tanggapan positif terhadap produk kerajinan tangan khas Indonesia. Foto: Ist.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kurniaman Telaumbanua menjelaskan bahwa kerajinan tangan khas Nusantara telah diwariskan secara turun-temurun dan memiliki filosofi mendalam yang berkaitan dengan budaya daerah masing-masing.

"Karena keindahan dan keunikan yang dihasilkan tersebut, tak heran jika kerajinan tangan dari Indonesia ada yang sudah dikenal dunia contohnya kain tenun yang menarik minat pengunjung pameran hari ini," ujar Kurniaman.

Lebih lanjut, Kurniaman menyampaikan bahwa indikasi geografis (IG) dapat memastikan setiap produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi standar kualitas tertinggi, tetapi juga mempertahankan identitas budaya yang unik.

"Selain itu pelindungan IG ini sebagai bentuk dari pelestarian terhadap warisan leluhur karena produk IG yang terdapat di Indonesia erat kaitannya dengan warisan leluhur. Kita juga ingin menuju komersialisasi produk-produk unggulan IG seperti halnya yang sudah berkembang di Eropa," tambah Kurniaman.

Kurniaman berharap kesempatan emas ini dapat membawa dampak positif khususnya kepada para pemilik IG terdaftar untuk bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Diharapkan pameran ini juga mampu menjadi ajang perkenalan produk IG kepada dunia dan dapat meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Selain dua produk di atas, berikut daftar produk kerajinan tangan yang juga ditampilkan pada pameran ini.

Baca Juga: Menkumham Tanda Tangan Traktat Internasional, Sumber Daya Genetik dan Pengetahuan Tradisional

1. Batik Tulis Complongan Indramayu

2. Sasirangan Kalimantan Selatan

3. Gerabah Kasongan Bantul

4. Tenun Doyo Kutai Barat

5. Batik Besurek Bengkulu

6. Tenun Ikat Fehan Malaka

7. Tenun Ikat Alor

8. Songket Silungkang Sumatera Barat

9. Lukisan Kamasan Bali

10. Batik Tulis Nitik Yogyakarta

11. Tenun Gringsing Bali

12. Tenun Ikat Tanimbar

13. Tenun Nambo

14. Tenun Donggala

15. Tenun Bumpak Seluma

16. Kerajinan Perak Celuk Gianyar Bali

17. Sarung Batik Pekalongan

18. Tenun Ikat Ngada

19. Batik Tulis Lasem

20. Tenun Ikat Flores Timur

21. Batik Sutra Sasirangan

22. Selendang Sasirangan

23. Tenun Timor Tengah Utara. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga