Tenun Masalili Muna Kembali Raih Juara 1 Lomba Pameran Mini UP2K PKK

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
Tenun Masalili Muna Kembali Raih Juara 1 Lomba Pameran Mini UP2K PKK
Stand pameran mini UP2K PKK Kabupaten Muna yang menampilkan beraneka ragam produk khas Muna seperti kain tenun Masalili. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Tim Pelaksana Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muna berhasil meraih juara 1 lomba pameran mini usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim Pelaksana Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muna berhasil meraih juara 1 lomba pameran mini usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) tahun 2023.

Ketika ditemui oleh pihak Telisik.id pada kegiatan pameran mini UP2K PKK di hotel Claro Kendari, Rabu (15/3/2023), anggota dari TP PKK Muna, Wa Ode Saru mengaku, timnya menang karena kain tenun khas Masalili.

"Yang utama itu ada kain khas dari Maslili, terus sisanya ada Abon, sambal-sambal dan sebagainya," tutur Wa Ode Saru sembari menunjukkan berbagai barang yang ia sebutkan.

Baca Juga: Pemkot Bentuk Tim Hukum Dampingi Sekda Ridwansyah Taridala dalam Kasus Dugaan Suap

Kain Tenun Masalili sendiri adalah kain tenun yang bermotif garis-garis serta terdiri dari beberapa warna, umumnya warna kuning dan cokelat. Kain tenun ini sendiri pernah dikenakan oleh Presiden Joko Widodo. Membuat kain ini unik ialah teknik pewarnaannya yang masih menggunakan pewarna buatan.

Lebih lanjut, Abdul Azis, salah satu anggota  dari TP PKK Muna mengaku selain kain, hal lain yang membuat timnya menang adalah Teh Kelor.

"Selain kain, kami juga punya produk khas yaitu Teh Kelor," tuturnya sambil mengangkat kemasan Teh dalam kotak yang siap diseduh.

Baca Juga: Kenang Agista Ali Mazi, E-PKK Sulawesi Tenggara Luncurkan Aplikasi dengan Nama Ini

Karena banyaknya barang yang dipamerkan, maka tak heran jika TP PKK dari Kabupaten Muna berhasil meraih juara 1 lomba pameran mini UP2K PKK pada pagelaran hari kesatuan gerak PKK ke-51.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Wa Ode Rawia, penjaga stand pameran UP2K PKK Muna. Lebih lanjut, Rawia juga menjelaskan harga-harga yang dipatok dari setiap barang yang dipamerkan.

"Harganya beragam dan murah, mulai dari Rp 5000 untuk abon dan kue-kue, kalau untuk kain tenun mulai dari Rp200.000 sampai Rp 2 jutaan," ungkap Rawia. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga