Terbaru, Windows 10 Akan Hapus Adobe Flash dari Komputer

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 02 November 2020
0 dilihat
Terbaru, Windows 10 Akan Hapus Adobe Flash dari Komputer
Di akhir tahun ini Adobe akan secara resmi menghentikan operasional Flash Player untuk selamanya. Foto: Repro Windowsworkstation.com

" "

JAKARTA, TELISIK.ID - Di akhir tahun ini Adobe akan secara resmi menghentikan operasional Flash Player untuk selamanya.

Ini Langkah tidak lepas setelah beberapa tahun terakhir Flash mengalami banyak masalah.

Sehingga terkait hal tersebut, Microsoft pun mengumumkan akan merilis pembaruan opsional untuk Windows 10. Pengguna dapat menghapus Flash dari komputer atau mencegahnya diinstal ulang.

Update ini tersedia melalui Katalog Microsoft dan sepenuhnya opsional. Jadi jika pengguna ingin tetap menyimpan Flash, maka tidak perlu mengunduhnya. Demikian seperti dilansir dari Ubergizmo, Senin (2/11/2020).

Dari laporan Bleeping Computer, ini adalah pembaruan yang aneh. Sebab, Flash yang dihapus adalah versi yang disertakan dengan Windows 10. Ini berarti bahwa jika pengguna mengunduh Flash versi mandiri, maka akan tetap ada.

Itu juga akan terus ada di perambah seperti Microsoft Edge. Jadi pembaruan ini dinilai tidak benar-benar menghapus Flash sepenuhnya.

Dengan demikian, hal itu dinilai tidak terlalu penting, karena sebagian besar browser telah berhenti mendukung Flash, ditambah banyak situs web telah beralih ke aplikasi alternatif.

Adobe Flash atau yang dikenal pada awalnya sebagai Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan dari Adobe Systems.

Baca juga: 3 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Adobe Flash ini digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar.

Berkas yang dihasilkan dari Adobe Flash adalah swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player.

Flash merupakan salah satu program yang digunakan untuk membuat animasi yang sangat handal jika dibandingkan dengan program lain karena dalam hal ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil.

Biasanya hasil animasi Flash banyak digunakan untuk membuat sebuah web agar tampilannya menjadi lebih interaktif.

Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama Action Script,  bahasa pemrograman ini muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis  sehingga sangat cocok untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik.

Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga dengan kemampuan ini flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.

Baca juga: Ini 7 Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Begadang Nonton Bola Malam Hari

Selain digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver , pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.

Flash sekarang ini bukan hanya digunakan sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web.

Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kamu tidak harus menggunakan software Adobe Flash, namun bisa juga menggunakan software lain seperti SwishMax, Swift 3D, Amara, Kool ,Vecta 3D Moves dan lainnya.

Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali sekitar tahun 1980-an, pada waktu itu seorang siswa SMA dengan nama Jonathan Gay menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar komputer.

Kemudian dia mengajukan dan mengikutsertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains dibsekolahnya.

Setelah dia menang, program buatannya tersebut menarik perhatian bagi seorang pengembang software lokal yaitu Charlie Jackson.

Pada masa itu Jackson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Silicon Pantai Software, yang akan menghasilkan program untuk jenis komputer Macintosh.

Dengan sedikit dana yang di milikinya untuk mempekerjakan para pengembang berpengalaman, akhirnya Jackson Gay disewa untuk membantu menciptakan program-programnya. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga