Ternak Lele di Pekarangan Rumah, Omzet Jutaan Rupiah

La Ode Aliarham, telisik indonesia
Rabu, 08 Februari 2023
0 dilihat
Ternak Lele di Pekarangan Rumah, Omzet Jutaan Rupiah
M Karim memanfaatkan pekarangan rumahnya di Kelurahan Watubangga, Kecamatan Baruga, untuk beternak lele. Foto: La Ode Aliarham/Telisik

" Semula ia memulai usahanya dari modal ratusan ribu rupiah. Namun dengan ketekunannya ia bisa mencapai omzet belasah juta rupiah "

KENDARI, TELISIK.ID - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengimbau masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan untuk ketahanan pangan.

Imbauan tersebut diaplikasikan  oleh M Karim, seorang peternak lele yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk dijadikan kolam.

M Karim telah memulai budidaya ikan lele sejak 3 tahun silam. Dengan menggunakan terpal ia membangun kolam lele berkapasitas lebih kurang seribu ekor.

Semula ia memulai usahanya dari modal ratusan ribu rupiah. Namun dengan ketekunannya ia bisa mencapai omzet belasah juta rupiah.

Baca Juga: Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Buton Tengah Siapkan Dua Hektar Lahan untuk Petani

Baca Juga: Dinas Ketahanan Pangan Sultra Jaga Stabilitas Harga di Bulan Ramadan

"Kalau dihitung-hitung, modal awal beli terpal, papan sama bibit lele itu sekitar sejutaan. Kalau dirata-rata, sehari bisa laku sepuluh kilo, sekilonya Rp.30.000," ujar M Karim.

Sementara itu istri M Karim yang memasarkan ikan lele mengaku sering dapat pesanan dari rumah makan khususnya sari laut yang menggunakan ikan lele sebagai menu utama.

"Sudah punya langganan sari laut kebetulan keluarga yang punya, jadi ambil lelenya di sini, sehari paling kurang sepuluh kilo pesanan," ungkapnya. (B)

Penulis: La Ode Aliarham

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga