Ternyata Segini Biaya Pemakaman Termahal di Dunia, Jangan Kaget

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 19 September 2022
0 dilihat
Ternyata Segini Biaya Pemakaman Termahal di Dunia, Jangan Kaget
Kim Jong il memimpin Korea Utara selama tujuh tahun. Kematiannya menyebarkan histeria luar biasa bagi rakyatnya. Pemerintah menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk mengukir nama Kim dan ayahnya, Kim Il-Sung di Towers of Eternal Life. Foto: Repro Akurat.co

" Alexander Agung adalah raja Macedonia kuno yang memimpin sejumlah kerajaan terbesar dunia dari perairan Lonian hingga Himalaya, dengan biaya pemakaman Rp 6,4 triliun "

KENDARI, TELISIK.ID - Suasana duka biasanya menyelimuti suatu pemakaman. Terlebih saat orang yang dicinta akan dimasukkan ke liang lahat untuk beristirahat selamanya.

Sebagian orang bahkan mengundang berbagai pihak di dunia untuk ikut menyampaikan kedukaan mereka. Itu sebabnya terkadang biaya pemakaman bisa mencapai triliunan rupiah. 

Berikut Telisik.id merangkum 4 pemakaman termahal di dunia dilansir dari berbagai sumber.

1. Alexander the Great (Rp 6,4 triliun)

Melansir Sindonews.com, Alexander Agung adalah raja Macedonia kuno yang memimpin sejumlah kerajaan terbesar dunia dari perairan Lonian hingga Himalaya. Dia juga merupakan salah satu komandan militer tersukses yang tak pernah sekalipun kalah dalam peperangan.

Baca Juga: Pria Ini Lahir Tanpa Kelamin, Habiskan Rp 1,2 Miliar Buat Burung Tiruan untuk Berhubungan Intim

Ia meninggal pada 323 sebelum masehi dan jasadnya diletakkan dalam peti emas. Peti tersebut diangkut dengan gerbong emas yang ditarik 60 kuda dalam proses pemakamannya.

2. Ronald Reagan (Rp 4,3 triliun)

Presiden Amerika Serikat (AS) ini menjabat sejak 1980 hingga 1988. Ia merupakan pemimpin yang sangat memperhatikan hak-hak rakyatnya.

Mantan aktor itu meninggal pada 2004. Biaya pemakaman Reagen diperkirakan sangat besar yakni USD400 juta, bahkan pasar saham terpaksa ditutup dan para pekerja diliburkan di hari pemakamannya.

3. Kim Jong-Il (Rp 432,5 miliar)

Kim Jong il memimpin Korea Utara selama tujuh tahun. Kematiannya menyebarkan histeria luar biasa bagi rakyatnya. Pemerintah menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk mengukir nama Kim dan ayahnya, Kim Il-Sung di Towers of Eternal Life.

Baca Juga: Uang Jajan Anak Artis Ini Bikin Sakit Kepala, Sampai Rp 2,1 Miliar Sebulan

Sebuah patung bernilai USD10 juta dibangun untuk memperingatinya. Dana sebesar USD1 miliar juga digulirkan untuk membeli peti kaca khusus. Pemeliharaan jenazahnya diprediksi mencapai USD2,5 juta per tahun.

4. John F. Kennedy (Rp 162,1 miliar)

Melansir Liputan6.com, John F Kennedy merupakan salah satu presiden yang paling dicintai sepanjang sejarah AS. Tubuhnya roboh setelah peluru assassin menembus tubuhnya pada 1963.

Peristiwa itu mengejutkan seluruh dunia. Penggalian makamnya saja di Arlington Naional Cemetery menghabiskan biaya hingga US$ 13 juta. Istri dan dua anaknya pun dimakamkan bersama dengannya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga