Terungkap, Djoko Tjandra Ternyata Konsultan Bareskrim Polri

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Jumat, 17 Juli 2020
0 dilihat
Terungkap, Djoko Tjandra Ternyata Konsultan Bareskrim Polri
Bukti surat keterangan pemeriksaan COVID-19 yang menyatakan pekerjaan Djoko Djandra sebagai konsultan Bareskrim Polri. Insert: Djoko Tjandra. Foto: Repro Google.com

" Ternyata pekerjaan buronan kelas kakap Djoko Tjandra saat ini adalah sebagai Konsultan Bareskrim Polri. Pantas saja dia mendapat keistimewaan luar biasa dan "karpet merah" oleh institusi Polri yang seharusnya menangkapnya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Buronan kasus pengalihan hak tagih utang Bank Bali, Djoko Tjandra, ternyata bekerja sebagai Konsultan Bareskrim Polri.

Hal ini terungkap dalam Surat Keterangan Pemeriksaan COVID-19 Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri No: Sket Covid - 19/1561/VI/2020/Setkes tgl 19 Juni 2020 yang ditandatangani Dr Hambektanuhita dari Pusdokkes.

Posisi Djoko Tjandra sebagai konsultan Bareskrim Polri ini membuat buronan kelas kakap ini bebas masuk keluar Indonesia dengan surat sakti yang dikeluarkan oleh pihak Polri.

"Ternyata pekerjaan buronan kelas kakap Djoko Tjandra saat ini adalah sebagai Konsultan Bareskrim Polri. Pantas saja dia mendapat keistimewaan luar biasa dan "karpet merah" oleh institusi Polri yang seharusnya menangkapnya," kata Ketua Presedium Ind Police Watch, Neta S Pane lewat pesan tertulisnya yang diterima Telisik.id di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Hal ini menurut ICW sangat disayangkan, karena buronan kelas kakap ini diistimewakan oleh pihak kepolisian. Parahnya lagi, alamat yang tertera dalam surat keterangan pemeriksaan COVID-19 itu di Kantor Bareskrim Polri di Jalan Turonojoyo No 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga: Soal Pencopotan Brigjen Praseryo, Gerindra: Yang Pantas Mundur Itu Kabareskrim

"Sangat ironis seorang buronan yang paling dicari bangsa Indonesia bukannya ditangkap Bareskrim Polri tapi malah dijadikan konsultan, dengan alamat juga di kantor Bareskrim di Jl Turonojoyo No 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sungguh luar biasa kinerja Bareskrim Polri ini," ucapnya.

Dari informasi yang diperoleh IPW menurut Neta S Pane, saat ini Djoko Tjandra sudah berada di apartemennya di lantai 106 Apartement Exchange Kualalumpur, Malaysia. Joko Tjandra bersama dua orang lain kabur dengan jet pribadi yang diduga dari Halim Perdana Kusumah, Jakarta langsung  menuju Kuala Lumpur pada akhir Juni.

"Saat hendak naik ke atas jet pribadi itu, ketiganya sempat berselfie ria," bebernya.

Lebih jauh Neta melihat Djko Tjandra bebas lenggang kangkung di Indonesia, IPW menyimpulkan, hal ini bukanlah akibat ulah pribadi dari oknum jenderal Polisi di Bareskrim saja, seperti yang dikatakan Kadiv Humas Polri kemarin.

"Tapi hal ini akibat persekongkolan jahat para jenderal Polisi untuk melindungi, dan memberi keistimewaan pada buronan kelas kakap yang paling dicari bangsa Indonesia itu. Apakah persekongkolan jahat ini bisa dibongkar dan diusut tuntas, IPW tidak yakin," jelasnya.

"Apalagi Presiden Jokowi hanya slow saja melihat kasus Joko Tjandra yang diberi keistimewaan dan karpet merah oleh para jenderal Polri ini," tutup Neta.

Reporter : Rahmat Tunny

Editor : Haerani Hambali

Baca Juga