Timnas AMIN Desak Bawaslu Investigasi Politik Uang Gus Miftah, Ungkap Karena Surat Tugas Prabowo 8 September 2023

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 31 Desember 2023
0 dilihat
Timnas AMIN Desak Bawaslu Investigasi Politik Uang Gus Miftah, Ungkap Karena Surat Tugas Prabowo 8 September 2023
Penceramah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah yang juga masuk dalam TKN Prabowo-Gibran, saat bagi-bagi uang di Pamekasan, Madura, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Foto: tangkapan layar video

" Bawaslu didesak melakukan investigasi terkait bagi-bagi uang yang dilakukan penceramah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah kepada masyarakat di Pamekasan, Madura, Jawa Timur "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bawaslu didesak melakukan investigasi terkait bagi-bagi uang yang dilakukan penceramah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah kepada masyarakat di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menilai, tindakan Gus Miftah tersebut terindikasi politik uang (money politic).

Juru Bicara Timnas AMIN, Iwan Tarigan, meminta Bawaslu segera menginvestigasi bagi-bagi uang yang dilakukan oleh Gus Miftah dan videonya pun sudah viral. Di dalam video yang viral di media sosial itu, saat Gus Miftah membagikan uang, terlihat seorang pria ikut melambaikan sebuah baju kaus bergambar capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Media Asing Juluki Gibran Nepo Baby, Ternyata Ini Maksudnya

Iwan berharap, gerak cepat Bawaslu untuk mendalami pembagian uang yang diduga terjadi di Madura itu secara transparan kepada publik. Menurutnya, sudah beberapa kali pasangan nomor urut 2 diduga melakukan pelanggaran yang tidak ditindaklanjuti dengan pemberian sanksi oleh Bawaslu.

“Apabila hal tersebut dibiarkan, maka kualitas Pemilu 2024 menjadi tidak lebih baik,” tegas Iwan di Jakarta, Minggu (31/12/2023).

Iwan menduga pembagian uang yang melibatkan Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji merupakan politik uang. Gus Miftah, menurut Iwan, telah mendapatkan surat tugas dari Prabowo untuk melakukan silaturahmi dengan para alim ulama, habaib, tokoh masyarakat, dan seluruh rakyat Indonesia.

Surat tugas tertanggal 8 September 2023 diberikan Prabowo untuk mendapatkan doa restu dan dukungan para tokoh masyarakat dan masyarakat dalam Pilpres 2024.

“Artinya dengan surat tugas tersebut, patut diduga uang yang dibagikan oleh Gus Miftah di Pamekasan adalah money politic untuk mendapat suara kiai dan pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” beber Iwan.

Gus Miftah sebelumnya mengakui, video yang memperlihatkan dirinya bagi-bagi uang telah viral di berbagai platform media sosial. Namun, dia menjelaskan bahwa kegiatannya tidak berhubungan dengan kampanye atau politik.

Dia membantah membagi-bagikan uang karena mendukung dan untuk kepentingan salah satu pasangan capres. “Bukan, sama sekali (bukan),” kata Gus Miftah, Jumat (29/12/2023) lalu.

Kehadirannya di Pamekasan, Madura, menurut Gus Miftah, untuk memenuhi agenda silaturahmi dengan salah satu penguasaha kaya di daerah itu. Pengusaha yang dimaksudnya disebut selalu bersedekah di pasar hingga pesantren. Dirinya pun diminta untuk ikut membagikan sedekah kepada warga.

Terkait orang di belakangnya yang membentangkan baju kaus bergambar Prabowo Subianto, Gus Miftah berkilah tak tahu.  

“Haji Her pengusaha kaya Pamekasan tiap hari bagi sedekah di pasar, di sawah, pesantren dan lain-lain. Kemarin saya silaturahmi ke beliau dan beliau pas mau sedekah saya diminta ikut membagikan sedekahnya,” tutur Gus Miftah.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Optimis Menang Satu Putaran Usai Didukung Keluarga Besar HMI, Hehamahua Singgung Membunuh atau Dibunuh

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengaku sudah melihat video Gus Miftah bagi-bagi uang kepada warga. Namun, dia mengatakan kurang mengetahui acara yang dihadiri Gus Miftah dalam video tersebut.

Kader Partai Golkar ini tidak menyalahkan Gus Miftah. “Saya senang dan gembira kalau ada kawan yang punya rezeki banyak mau bersedekah. Doakan supaya rezeki banyak,” ujar Nusron.

Gus Miftah tercatat masuk dalam tim kampanye Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Dalam video yang beredar, Gus Miftah terlihat memegang dan membagikan uang sambil dikerumuni warga. Di depannya juga nampak ibu-ibu dan anak antri menerima uang.

Terlihat juga seseorang di belakang Gus Miftah mengangkat kaus hitam bergambar capres Prabowo Subianto sambil berteriak menyebut nama Ketua Umum Partai Gerindra itu. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga