Timnas Basket Kamboja Bikin Bingung, Berasa Lawan Amerika

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 13 Mei 2023
0 dilihat
Timnas Basket Kamboja Bikin Bingung, Berasa Lawan Amerika
Kamboja berhasil mengalahkan Filipina dalam cabor basket SEA Games 2023, hal ini akibat diperkuat oleh sebagian besar pemain naturalisasi dari Amerika. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Menpora Dito Ariotedjo bingung dan kehilangan kata-kata mengetahui tim basket Kamboja diperkuat delapan pemain naturalisasi asal Amerika Serikat di SEA Games 2023 "

KAMBOJA, TELISIK.ID – Ajang SEA Games 2023 ramai diperbincangkan karena memuat banyak kontroversi hingga hal-hal membingungkan dan membuat geleng-geleng kepala, salah satunya saat pertandingan cabor basket.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, Menpora Dito Ariotedjo bingung dan kehilangan kata-kata mengetahui tim basket Kamboja diperkuat delapan pemain naturalisasi asal Amerika Serikat di SEA Games 2023.

Dengan kehadiran pemain naturalisasi tersebut, Kamboja tampil digdaya. Kamboja yang biasanya jadi bulan-bulanan di cabang olahraga basket, kini malah mengecundangi lawan-lawan.

Pada laga pertama babak grup melawan Singapura, Kamboja menang 85-60. Oscar Lopes, Joe Hoeup, dan Sayeed Pridgett tampil menjadi pahlawan dengan poin, assist, dan rebound terbanyak.

Baca Juga: Perolehan Sementara Medali SEA Games 2023, Vietnam Tempati Posisi Pertama

Dilansir dari Sports.okezone.com, timnas basket putra Kamboja cetak sejarah di SEA Games 2023. Sebab mereka berhasil menghajar tim langganan juara di ajang tersebut yakni Filipina.

Timnas basket putra Kamboja memberikan kejutan ketika bersua Filipina di laga kedua Grup A SEA Games 2023. Bermain di Morodok Techo National Stadium Elephant Hall 2, Phnom Penh, pada Kamis (11/5/2023), Kamboja berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 79-68.

Berkat kemenangan itu, Kamboja pun menjadi sorotan publik ASEAN. Bagaimana tidak, Filipina dikenal memiliki timnas basket terbaik di Asia Tenggara dengan mendominasi selama 13 tahun sebelum akhirnya gelar juara SEA Games 2021 diraih Indonesia.

Baca Juga: Perolehan Sementara SEA Games 2023: Vietnam Salib Thailand

Sementara itu, Kamboja sama sekali belum pernah menjadi unggulan di nomor basket putra. Bahkan, dalam dua edisi terakhir SEA Games, mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dan menelan sembilan kekalahan.

Meski demikian, Kamboja benar-benar melakukan banyak perubahan guna meraih medali emas ketika ditunjuk sebagai tuan rumah SEA Games 2023. Di nomor basket putra, Kamboja mengandalkan enam pemain naturalisasi yakni Dorsey Darrinray, Pridgett Sayeedalkabir, Peterson Brandon Jerome, Oscar Lopes, Darius Henderson dan Hoeup Joseph Ravuth.

Alhasil, Kamboja berhasil meraih kemenangan dengan skor 85-60 di laga pembuka Grup A kala menghadapi Singapura. Mereka turut menghantam Filipina di laga kedua lewat skor 79-68. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga