Tindak Lanjuti LHP BPK, Dewan Kolaka Utara Akan Bentuk Pansus

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 07 Juni 2022
0 dilihat
Tindak Lanjuti LHP BPK, Dewan Kolaka Utara Akan Bentuk Pansus
Wakil Ketua II DPRD Kolaka Utara, Agusdin, saat menerima LHP dari BPK RI perwakilan Sulawesi Tenggara. Foto: Ist

" DPRD Kolaka Utara berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - DPRD Kolaka Utara berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Tenggara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021.

Menurut Wakil Ketua II DPRD Kolaka Utara, Agusdin, keberhasilan suatu daerah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK bukan tolak ukur daerah tersebut bebas dari catatan. Tidak terkecuali Kolaka Utara.

"Ada beberapa catatan yang dikeluarkan BPK untuk Kolaka Utara agar ditindaklanjuti oleh DPRD maupun pengawas internal daerah atau Inspektorat," kata Agusdin, Senin (6/6/2022).

Ada beberapa catatan rekomended dari BPK. Agusdin menyebut salah satunya adanya beberapa temuan di dua dinas besar lingkup Pemkab Kolaka Utara.

"Menindaklanjuti LHP BPK tersebut kemungkinan besar kami akan membentuk tim pansus DPRD. Insyaallah Minggu depan kita sudah mulai bekerja, waktunya masih ada 60 hari," jelasnya.

Baca Juga: Pengurus Ansor Jawa Timur Dirombak, Presiden LSN Jadi Bendahara

Lebih lanjut Ketua DPC PDI-P Kolaka Utara ini menuturkan jika catatan BPK tersebut akan disampaikan setelah DPRD dan Pemkab Kolaka Utara melakukan pembahasan.  

Baca Juga: 1.750 - Pedagang Kecil dan UMKM di Kolaka Utara Terima Bantuan Kebutuhan Pokok

"Temuan tersebut belum dapat kami paparkan secara detail nanti setelah ada langkah-langkah dan kesimpulan yang di ambil DPRD bersama tim Pemda Kolaka Utara disitulah kami akan ekspos," tukasnya.

Meski demikian, Agusdin tetap mengapresiasi kinerja Pemda Kolaka Utara beserta seluruh OPD sehingga tahun ini kembali meraih penghargaan Opini WTP dari BPK RI.

"Kami ucapkan selamat kepada Pemda Kolaka Utara atas keberhasilannya meraih penghargaan Opini WTP," ucapnya. (C)

Penulis: Muh. Risal H (info)

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga