Tingkatkan Mutu Kesehatan Pj Bupati Buton Selatan Resmikan 4 Posyandu Primer di Batu Atas

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 07 Juni 2024
0 dilihat
Tingkatkan Mutu Kesehatan Pj Bupati Buton Selatan Resmikan 4 Posyandu Primer di Batu Atas
Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, saat meresmikan posyandu primer di 4 (Desa Wambongi) dalam kunkernya di Pulau Batu Atas. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sebanyak 4 Posyandu Primer diresmikan oleh Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, dalam upaya meningkatkan pemenuhan fasilitas kesehatan terhadap masyarakat Pulau Batu Atas "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sebanyak 4 Posyandu Primer diresmikan oleh Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, dalam upaya meningkatkan pemenuhan fasilitas kesehatan terhadap masyarakat di Pulau Batu Atas.

Dengan bertambahnya 4 unit fasilitas kesehatan di tengah-tengah kehidupan masyarakat Pulau Batu Atas, juga dapat membantu upaya pemerintah daerah dalam menekan dan menurunkan angka stunting pada anak-anak di Kabupaten Buton Selatan.

Olehnya itu, peran para tenaga kesehatan begitu penting dalam menghidupkan posyandu primer agar dapat terus beroperasi melayani masyarakat khususnya ibu hamil, bayi, batita, balita, dan anak-anak di Pulau Batu Atas.

Baca Juga: Kunker ke Kabupaten Buton, Pj Bupati Buton Selatan Jalin Sinergitas Antar Forkopimda

Di samping itu, cakupan posyandu primer baru tersebut masih harus ditingkatkan dan menjadi PR bagi para tenaga teknis terkait, yang mana target yang harus dicapai 90 persen. Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman kembali menegaskan, berangkat dari hal tersebut, juga menjadi langkah bagaimana menurunkan prevalensi stunting yang menjadi isu nasional.

Sehingga masih banyak generasi muda khususnya anak-anak di Pulau Batu Atas yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dengan para tenaga kesehatan yang ada di Pulau Batu Atas.

“Mari kita maanfaatkan gedung posyandu ini karena fasilitasnya sudah tentu buat nyaman ibu hamil, bayi, balita, dan anak-anak bisa memeriksakan kondisinya disini,” Kata La Ode Budiman, Sabtu (11/5/2024).

Masih di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, Hasriady menambahkan, bukan hanya bantuan pengadaan fasilitas kesehatan berupa 4 posyandu primer di Pulau Batu Atas.  Namun juga bantuan sarana kendaraan operasional berupa 2 unit kendaraan roda dua yang diperuntukkan untuk posyandu primer dengan jarak tempuh yang jauh dan medan jalan yang mendaki untuk mencapai lokasi posyandu, yakni di Batu Atas Liwu dan Batu Atas Barat.

Lanjutnya, akan ada penambahan bantuan pengadaan fasilitas kesehatan yakni Puskesmas Pembantu (Pustu) di Batu Atas Liwu. Dengan syarat harus ada hibah tanah untuk tempat berdirinya fasilitas kesehatan tersebut.

Baca Juga: Kurang Representatif, Pj Bupati Buton Selatan Janji Kembangkan Fasilitas dan Kapasitas TPI Sampolawa

Kata dia, besar harapan pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait hibah tanah tersebut yang mana perihal persyaratan lainnya sudah terpenuhi.

Diketahui 4 lokasi peresmian posyandu primer di Pulau Batu Atas yaitu di Desa Taduasa, Desa Wacuala, Desa Tolando Jaya, dan Desa Wambongi.

“Di tahun 2025 akan ada satu bangunan kesehatan baru di Batu Atas Liwu,” imbuhnya. (B-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga