Tingkatkan SDM Bidang Pariwisata, UHO Bersama LSP Pramindo Gelar Uji Kompetensi

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 12 Juni 2023
0 dilihat
Tingkatkan SDM Bidang Pariwisata, UHO Bersama LSP Pramindo Gelar Uji Kompetensi
UHO Kendari bersama LSP Pramindo mengadakan uji kompetensi, guna meningkatkan SDM di Sulawesi Tenggara bidang pariwisata. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Universitas Halu Oleo (UHO) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo, mengadakan uji kompetensi management service for certification of tourism human resource di Aula Pasca Sarjana UHO, guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Sulawesi Tenggara bidang pariwisata "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo, mengadakan uji kompetensi management service for certification of tourism human resource di Aula Pasca Sarjana UHO, guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Sulawesi Tenggara bidang pariwisata.

LSP Pramindo merupakan lembaga sertifikasi khusus untuk pariwisata di Indonesia. Uji komoetensi itu dihadiri oleh Ketua LSP Pramindo, Mangun Winata, Wakil Rektor Bidang Akademik, La Hamimu dan diikuti oleh para dosen, wirausaha, pemerhati dan masyarakat umum.

Ketua panitia, Baru Sadarun mengatakan, Sulawesi Tenggara merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia. Olehnya kegiatan itu, dilaksanakan untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pariwisata, terutama pada kompetensi snorkling, wisata lokal dan ekowisata.

Baca Juga: Jalan Depan UHO Diblokade, Buntut Dugaan Penghinaan Suku Muna

"Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama TUK UHO dengan LSP Pramindo, serta difasilitasi dan didukung langsung oleh Rektor UHO. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari ini sampai 15 Juni 2023, akan dilanjutkan untuk praktiknya di taman pendidikan laut bintang samudera," ujar Baru Sadarun, Senin (12/6/2023).

Dalam sambutannya, La Hamimu mengatakan, banyak manfaat yang akan didapatkan dari kegiatan, terutama bagi para peserta yang ikut serta dalam uji komoetensi. Kebutuhan SDM di bidang pariwisata sangat banyak, karena Sulawesi Tenggara sendiri mempunyai potensi yang banyak di bidang pariwisata.

Baca Juga: Bersengketa, Lahan di Depan UHO Dieksekusi Pengadilan

Sementara itu, Ketua LSP Pramindo menjelaskan, kegiatan dilaksanakan di Sulawesi Tenggara, karena merupakan provinsi yang cukup bagus dan bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia. Sulawesi Tenggara hanya ada 1 provinsi tetapi mempunyai banyak pulau.

"Marilah kita kembangkan pariwisata ini, walaupun nikel sudah masuk di Sulawesi Tenggara, dan akan dikembangkan tetapi mereka juga butuh wisata. Mari sama-sama kita kembangkan tenaga-tenaga profesional yang terampil dan kompeten di Kendari, agar kita mampu bersaing. Pariwisata berkembang untuk menjaga lingkungan," jelasnya. (A-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga