Tips Bakar Lemak di Perut dalam Waktu Dua Minggu

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Tips Bakar Lemak di Perut dalam Waktu Dua Minggu
Membakar lemak perut salah satunya dilakukan dengan berolahraga minimal 30 menit dalam sehari. Foto: Repro Medcom.id

" Tips umum untuk menurunkan berat badan adalah makan lebih sedikit daripada yang dibakar setiap hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Mempunyai tubuh langsing dan ideal menjadi dambaan semua orang. Sayangnya membakar lemak yang ada di perut tak semudah yang dibayangkan, dan membutuhkan waktu lama.

Tapi siapa sangka, Anda bisa mewujudkan perut yang langsing hanya dalam waktu dua minggu saja.

Dilansir dari Kompas.com dan Kontan.co.id, berikut sebelas cara membakar lemak perut dengan cepat.

1. Sadar bahwa perlu menyesuaikan perilaku

Hal terpenting dari membakar lemak perut adalah menyadari keputusan yang dibuat. Misalnya, saat pergi hangout bersama teman-teman, kita bisa saja sulit mengontrol apa yang kita makan dan minum.

Namun jika menyadari bahwa kita sedang diet, tentu kita bisa membatasinya.

“Kesadaran dan merencanakan hal lain yang bisa dilakukan mungkin akan memberi manfaat yang sama dengan memakan comfort food.”

Demikian ujar pelatih pribadi bersertifikat di American Council on Exercise (ACE), Chris Gagliardi.

2. Kurangi asupan kalori

Menurut personal trainer Chrissy Lundgren, tips umum untuk menurunkan berat badan adalah makan lebih sedikit daripada yang dibakar setiap hari.

Baca Juga: Resep Enak dan Sehat ala dr. Zaidul Akbar, Rontokkan Lemak Akibat Makan Daging

"Anda tidak perlu camilan di sela-sela waktu makan. Tubuh akan menjaga dirinya sendiri dan membakar lemak berlebih, serta energi yang tersimpan di antara waktu makan. Kurangi asupan kalori," kata dia.

3. Lakukan HIIT

Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) adalah dasar dari sebagian besar kelas olahraga. Jenis latihan ini meminta kamu untuk memberikan energi penuh dalam waktu singkat dengan selingan istirahat yang aktif untuk memungkinkan pemulihan.

Anda cukup berjalan, kemudian setiap tiga menit kamu bisa berlari sebentar, lalu berjalan lagi selama tiga menit lagi untuk mengatur napas, kemudian lari sebentar lagi. Tidak hanya efektif untuk membakar lemak dan kalori, HIIT juga membuat metabolisme pulih selama berjam-jam setelah selesai.

"Untuk mendapatkan sepenuhnya manfaat dari pelatihan ini, siklus ini harus berlangsung berulang kali selama 20-50 menit." Demikian dijelaskan pakar kebugaran dan profesional Cody Patrick.

Tubuh tidak hanya akan membakar kalori selama latihan, tapi juga akan membakar lemak setelah berolahraga karena konsumsi oksigen setelah berolahraga.

4. Berhenti makan gula

Bagi banyak orang yang bekerja terlalu keras, makanan olahan adalah solusi tercepat dan termudah.  Namun, jika Anda mencoba meningkatkan kesehatan, terapis fisik Lauren Lobert menganjurkan untuk mengurangi gula.

Gaya hidup kita yang serba cepat biasanya mengarah pada konsumsi banyak makanan olahan yang mudah dibuat dan cepat dimakan.

"Sayangnya, pilihan makanan ini sering dikemas dengan kalori kosong, dimana umumnya dalam bentuk gula atau salah satu turunannya," kata dia.

5. Olahraga 30 menit sehari

Sangat sulit untuk menurunkan berat badan jika tidak berkeringat. Lundgren menganjurkan untuk memprioritaskan olahraga setiap hari. Dia menyarankan 30 menit latihan kardio, dan 30 menit latihan kekuatan.  

6. Minum 1,8 liter air

Air mineral pun tak boleh dilupakan, baik di tempat kerja mau pun rumah. Lundgren menggambarkan air sebagai sistem pembilasan internal karena membantu membersihkan tubuh dari limbah dan penumpukan yang tidak perlu.

Untuk rencana program penurunan berat badan selama dua pekan, dia menyarankan minum 1,8 liter air dalam sehari.

Minumlah 0,2 liter air hangat dan lemon setelah bangun dan tepat sebelum tidur.

"Ini memungkinkan makanan terurai lebih mudah, serta membuat kamu lebih mudah buang air kecil yang juga membuang racun," kata dia.  

7. Tidur cukup

Lundgren menekankan perlunya tidur, sehingga bisa memulihkan energi kembali.  

"Anda harus membiarkan tubuh memperbarui diri. Biarkan otot untuk membangun dan memulihkan, yang akan memungkinkan kamu untuk membakar lebih banyak kalori dalam latihan," katanya.

8. Pilih makanan utuh

Menurut Lobert, dampak terbesar pada penurunan berat badan berasal dari mengubah kebiasaan makan. Dia merekomendasikan untuk membuat menu dengan makanan utuh alias non olahan, seperti buah-buahan, sayuran, daging, makanan laut dan unggas.

"Makanan utuh belum kehilangan nutrisi seperti makanan olahan," kata dia.

9. Makan lemak sehat

Lobert menjelaskan, jika  ingin membakar lemak, kamu harus beradaptasi dengan lemak. Artinya, tubuh perlu mengganti sumber energi primer yang digunakannya untuk bahan bakar aktivitas.

"Dengan mengonsumsi lemak sehat setiap kali makan, kemudian lebih sedikit karbohidrat, maka lemak bisa menjadi bahan bakar yang lebih mudah diakses daripada gula," kata dia.

Baca Juga: 7 Olahraga Ini Efektif Bakar Lemak Setelah Menyantap Hidangan Lebaran

Anda juga akan merasa kurang lapar ketika makan sedikit lebih banyak lemak setiap kali makan.

10. Mencoba puasa intermiten

Menurut Patrick, teknik ini adalah cara yang bagus untuk sistem pencernaan dan membakar kalori. Dia percaya teknik tersebut dapat membantu mengajarkan tubuh untuk menggunakan lemak yang tersimpan sebagai energi.

"Saya sendiri mempraktikkan puasa intermiten dengan menyelesaikan makan terakhir hari ini selambat-lambatnya jam delapan malam,  kemudian puasa sampai siang hari berikutnya," kata dia.

Pastikan juga untuk memeriksa dengan dokter sebelum mencoba segala jenis puasa.

11. Latihan kardio

Latihan interval bagus, namun jangan melupakan kardio. Latihan ini membantu membangun daya tahan dan dapat membuat tubuh istirahat, entah berjalan di atas treadmill atau bersepeda selama satu jam.

"Bentuk olahraga ini menjaga detak jantung moderat dan akan membakar beberapa ekstra kalori," katanya.

Ini memungkinkan Anda untuk latihan keras pada hari berikutnya di gym, plus tidak akan membuat kesulitan tidur karena latihan tersebut. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga